Perbedaan Pakan Nila dan Pakan Lele

Perbedaan yang jelas ketara, antara pakan untuk ikan lele dan pakan untuk ikan nila terletak pada sifat, kemampuan pencernaan ikan di habitat alami ikan. Tetapi secara sederhana, kita bisa mengklasifikasikan bahwa ikan lele adalah jenis ikan karnivora (pemakan daging) sedangkan ikan nila adalah jenis herbivora (pemakan tumbungan).

Tetapi, apakah itu artinya kedua jenis ikan ini, merupakan jenis ikan yang mengkonsumsi jenis pakan yang spesifik tertentu saja? Jawabannya tidak, karena di perternakan, kita bisa melihat bahwa saat ikan-ikan tersebut diberi berbagai jenis pakan, maka kedua ikan tersebut tetap dapat memakan semua jenis pakan yang diberikan, bahkan tetap dapat tumbuh besar sesuai dengan harapan.

Jika, dilihat dari kondisi sistem pencernaan pada ikan, maka ikan lele akan memiliki sistem pencernaan yang condong kepada ikan pemakan daging, yaitu sistem pencernaannya lebih pendek, dan keluarnya sisa ampas juga lebih cepat. Tetapi untuk ikan nila, sistem pencernaannya lebih panjang, khas hewan pemakan tumbuhan, tujuannya agar gizi pakannya bisa diserap lebih banyak.

Untuk pakan pabrikan, yang sering kita sebut pelet, maka kedua ikan ini bisa diberi jenis pelet yang sama, terlepas dari merk pelet yang diberikan. Bahkan jenis pelet yang sama, dan ukuran yang sama bisa digunakan untuk diberikan kepada kedua ikan tersebut.

Untuk ikan nila, jika kita beri pakan lumut atau daun-daunan, maka ikan akan sangat senang sekali memakannya, dan tetap dapat tumbuh dengan sangat baik. Tetapi jika ikan lele yang kita beri pakan tumbuh-tumbuhan, maka meskipun ikan bisa memakannya, tetapi pertumbuhannya tidak akan secepat jika kita beri pakan yang berbasis daging.

Hanya saja, tidak pernah saya jumpai peternak yang memelihara kedua jenis ikan tersebut, dalam satu kolam, alasannya karena ikan lele cukup agresif terhadap ikan lain, jadi perkembangan ikan nilanya bisa terhambat.

Tetapi jika ada peternak yang ingin mengurangi jumlah anakan ikan nila yang ada di kolam, maka biasanya mereka akan memasukkan beberapa ekor ikan lele ke dalam kolam itu.

Tinggalkan Balasan