Apakah Kura-kura Sulcata yang Omnivora akan Baik-baik saja?

Ada kasus, bahwa kura-kura sulcata milik salah seorang penghobi, ternyata memakan bangkai ikan yang ada didekatnya, lalu yang jadi pertanyaan, apakah hal tersebut baik-baik saja, ataukah akan ada masalah untuk kedepannya?

Pada dasarnya, kura-kura sulcata adalah hewan herbivora murni, jadi makanan mereka hanya tumbuh-tubuhan atau buah-buahan, dan tidak makan daging sama sekali.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan, bahwa rasa penasaran dari kura-kura itu sendiri, yang ingin mencoba hal baru, atau sesuatu yang dianggap menarik dari hal-hal yang ada di sekitarnya. Karena itu, jika ada bangkai ikan mati yang tergeletak di dekatnya, dia mungkin akan mencoba untuk memakannya, tujuannya untuk memenuhi keingintahuannya, tentang apakah ikan tersebut bisa dimakan atau tidak.

Jangan pernah, sekali-kali secara sengaja memberi pakan daging-dagingan, kepada kura-kura herbivora, seperti sulcata ini, itu karena hal tersebut akan menyebabkan penumpukan protein belebih di dalam tubuhnya, dan pastinya nantinya akan berpengaruh pada kesehatannya secara keseluruhan.

Hewan herbivora memiliki sistem pencernaan yang panjang, dengan tujuan agar nutrisi makannya bisa terserap lebih banyak. Sementara itu, hewan karnivora, memiliki sistem pencernaan yang pendek, tujuannya agar makanan yang mereka makan dapat segera keluar dari tubuh mereka, karena kalau terlalu lama, akan menyebabkan pembusukan dan akhinya mempengaruhi kesehatan hewan tersebut secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan