Apakah yang Harus Dilakukan Saat Paket Sulcata Yang Kita Beli Sampai ?

Tidak semua orang, bisa beli sulcata secara langsung ke penjualnya, banyak juga penghobi yang membeli sulcata dengan cara online, lalu dikirimkan dengan menggunakan jasa antar barang. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan oleh penghobi saat paket sulcata anda tiba.

Hal pertama, yang harus dilakukan pemilik, yaitu harus merendam kura-kuranya, usahakan air yang digunakan adalah air yang bersih (air kran biasa saja, tidak perlu air hangat juga), perendaman dilakukan pada air setinggi setengah tinggi tubuhnya. Proses perendaman ini dilakukan selama 10 – 15 menit.

Tetapi, jika paket kura-kura anda datangnya sore atau malam hari, lalu apa yang harus dilakukan? Sama saja, anda perlu merendamnya, hanya saja, pada proses perendaman itu anda lakukan di kandangnya, dengan sorotan lampu sinar UV atau sinar UVB. Proses perendaman ini dilakukan sekitar 5 – 10 menit juga.

Ciri-ciri sulcata, yang baru datang itu sehat, kita bisa mengamati dari matanya dulu, kita lihat apakah matanya terbuka atau tertutup. Lalu, kita lihat lubang hidungnya, apakah terbuka atau tertutup, memang sulcata yang sehat itu lubang hidungnya terbuka, tetapi jika tertutup pada awal datang, anda tidak usah khawatir, karena itu hal yang sangat wajar sekali, karena sulcata baru saja, melewati perjalanan jauh.

Pada saat perendaman ini, biasanya kura-kura akan buang air besar dan air kecil berupa batuan kecil-kecil berwana putih, dan itu hal yang wajar untuk sulcata, jadi perhatikan saja. Setelah perendaman selesai, maka kita bisa mengeringkan tubuhnya, dan memindahkannya ke tempat pemberian pakan.

Cara melihat kesehatan sulcata, yang paling utama yaitu saat setelah proses perendaman di awal itu, kita akan memberikan pakan. Lalu kita lihat, apakah sulcata tersebut makan dengan lahap atau tidak, kalau lahap, maka kita sudah dapat memastikan, bahwa kesehatannya dalam kondisi bagus.

Untuk pakannya, kita bisa memberikan sayuran hijau yang lembut, misalnya saja sawi, selada, kangkung, atau caysim. Jadi cara penyajiannya, pertama kita cuci bersih dulu sayurannya, lalu potong-potong agar lebih mudah dimakan. Tambahkan juga kalsium dan vitamin tambahan di atas makannya, tabur tipis saja, secukupnya.

Taburkan juga pelet kura-kura, di atas sayuran yang anda berikan tadi, dan perhatikan saat sulcatanya makan, apakah lahap atau tidak, karena itu yang menentukan tingkat kesehatannya.

Setelah selesai, kita tinggal meletakkannya pada kandang yang sudah diberi lampu. Pencahayaan ini, sangat penting sekali, untuk keberlangsungan hidup kura-kura. Proses pencahayaan ini, harus terus dilakukan, setidaknya sampai sulcata berukuran 20 cm.

Bagaimana cara, agar kita bisa sukses, dalam memelihara kura-kura darar sulcata? Yang pertama, buat kondisi kandangnya, mirip seperti kandang dari penjual sebelumnya, buat juga suhu kandang, sama seperti suhu kandang mereka sebelumnya, beri mereka pakan seperti yang diberikan oleh pemilik sebelumnya.

Lalu, berapakah suhu kandang, yang ideal untuk sulcata? Suhu idealnya ada di 31 – 33° C. Lalu tinggal ulangi saja proses pemeliharan kura-kura, sampai ukurannya mencapai 20 cm. Baru setelah itu, kura-kura bisa kita semi lepaskan, di halaman rumah, karena kalau ukurannya masih terlalu kecil, mereka akan mudah mati kalau kedinginan.

Tinggalkan Balasan