Apakah Kura-kura Darat Seperti Jenis Sulcata Boleh Dimandikan?

Memang ada anggapan, dari orang awam, yang mengatakan bahwa kura-kura darat, tidak boleh terkena air. Anggapan seperti itu salah, karena pada dasarnya, sulcata juga perlu dibersihkan dan dimandikan.

Sulcata juga mengeluarkan kotoran, sehingga harus dibersihkan. Lalu apa yang terjadi jika sulcata milik kita tidak dibersihkan? Jawabannya, yang pasti kandang, dan tubuh sulcata yang jorok, akan membuat kuman dan bakteri, mudah menyerang, dan pastinya mudah untuk menjangkiti kesehatan sulcatanya.

Lalu, apakah sulcata juga perlu, dimandikan dengan sabun? Jawabannya iya, tetapi mandi besar, dengan menggunakan sabun ini, hanya perlu dilakukan seminggu sekali. Sedangkan untuk setiap harinya, cukup rendam saja sulcatanya dalam air bersih selama 30 – 60 menit. Tinggi air perendamannya, biasanya sekitar setengah dari tinggi tubuh sulcatanya, tetapi jika sulcata kita pandai berenang, maka tinggi airnya bisa kita tambah, intinya senyaman sulcatanya saja.

Pada saat perendaman ini, biasanya sulcata akan mengeluarkan air besar dan air kecilnya. Lalu, kura-kura darat seperti sulcata juga akan minum air saat dimandikan seperti ini, karena mereka bisa minum, dari kakinya atau permukaan tubuhnya.

Pada artikel berikutnya, saya akan menuliskan langkah apa saja, yang perlu anda lakukan, untuk memandikan sulcata, dengan menggunakan sabun.

Tinggalkan Balasan