Bagaimana Cara Memilih Kura-kura Sulcata yang Bagus dan Cepat Besar

Biasanya, untuk anda yang awam tentang reptil, dan baru pertama kali, mencoba untuk memelihara reptil, maka saat anda mencoba membeli kura-kura jenis sulcata, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, terutama jika anda membelinya dalam kondisi masih bayi.

Yang pertama, anda harus melihat kondisi fisiknya, yaitu pilih yang tubuhnya lengkap. Bukan berarti yang cacat tidak boleh anda beli ya, sekali lagi ini hanya saran. Lalu perhatikan pergerakannya, apakah lincah atau tidak, maksudnya saat kura-kura tersebut sedang tidak tidur.

Untuk kura-kura jenis sulcata bayi, yang memiliki kemungkinan tumbuh lebih cepat dan lebih besar, dari saudara-saudaranya, adalah yang memiliki garis-garis punggung, yang lebih tebal dan lebih banyak.

Jadi, untuk setiap kura-kura, akan ada yang namanya motif kotak-kotak, pada cangkang belakang tubuhnya. Lalu disekeliling motif itu, akan ada garis-garis pemisah, dan perhatikan garis-garis ini, karena semakin tebal dan banyak, maka pertumbuhan kura-kuranya akan semakin cepat, dan kemungkinan bisa tumbuh menjadi lebih besar.

Garis-garis tersebut, disebut sebagai garis pertumbuhan, jadi banyaknya garis tersebutlah, yang akan menentukan ukuran, dari kura-kura tersebut nantinya.

Jika, anda pernah memperhatikan garis pertumbuhan, yang ada pada batang pohon, maka sebenarnya konsepnya hampir mirip. Bedanya garis pertumbuhan pada kura-kura, sudah ada sejak awal dan seiring waktu, akan berkembang membesar, sedangkan pada pohon akan berkembang mengecil ke dalam, dan bertumpuk-tumbuk.

Tetapi, apakah kura-kura, yang garis pertumbuhannya tipis dan sedikit, itu artinya jelek? Sama sekali tidak, karena ada yang namanya perawatan, ada yang namanya pemberian pakan, dan itu yang paling penting, untuk memacu pertumbuhan kura-kura sulcata, yang akan kita beli.

Tinggalkan Balasan