Apakah Diperbolehkan Mengecat Cangkang Kura-kura?

Pada dasarnya, mengecat seluruh cangkang kura-kura, secara keseluruhan itu sangat berbahaya, untuk kesehatan kura-kura itu sendiri. Jangan pernah, samakan mengecat cangkang kura-kura, seperti mengecat rumah keong atau kelomang, karena keduanya sangat berbeda.

Lalu jika ada pertanyaan, mengapa di tempat penjual reptil, kura-kura yang dijual di sana tubuhnya dicat? Biasanya, pengecatan di tempat penjual reptil, hanya digunakan sebagai penanda saja, dan tidak digunakan, untuk seluruh bagian cangkang kura-kuranya. Jumlah persetase, cat yang kecil seperti itu, biasanya masih bisa ditolerasi, oleh tubuh kura-kura.

Tetapi, jika sampai anda menggunakan cat, dengan kandungan zat kimia, yang sangat tinggi dan merusak, seperti misalnya cat besi khusus, dan cat tersebut disapukan pada seluruh bagian tubuh kura-kura, maka pastinya hal tersebut akan langsung berdampak pada kesehatan kura-kura.

Perhatikan dulu, kandungan zat kimia, dalam cat yang akan anda gunakan. Terlebih lagi, jika memang penggunaan cat, tidak terlalu mendesak, maka sebaiknya dihindari saja. Pengecatan dengan menggunakan cat semprot, seperti misalnya jenis pilox, hal ini bisa lebih berbahaya, karena dapat terhirup oleh si kura-kura.

Perlu anda ketahui, bahwa kura-kura juga dapat minum, dengan menggunakan tubuhnya, jadi dia bisa menyerap cairan, agar bisa masuk ke dalam tubuhnya. Jika yang dia serap adalah cat, maka pastinya ini akan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Tinggalkan Balasan