Perkiraan Besaran Biaya untuk Memelihara Kura-kura Darat Jenis Sulcata

Sama seperti memelihara hewan lain, maka saat kita memelihara sulcata, juga ada banyak biaya, yang harus kita keluarkan, beberapa biaya diantaranya yaitu:

Harga bola lampu UVA – UVB 40 rb perbuah tidak termasuk dudukannya. Lampu ini, sangat diperlukan oleh kura-kura, untuk dapat bertahan hidup, karena pada dasarnya, sulcata adalah hewan padang pasir, yang habitatnya sangat panas, sehingga kebutuhan lampu menjadi sangat vital.

Harga pelet 150 rb perkantung. Pakan ini sebagai tambahan selain pakan sayuran dan buah-buahan segar.

Alas kandang, biasanya menggunakan karpet PVC dengan harga 65 rb perlembar, fungsinya sebagai alas kandang sulcata.

Lalu nanti, di bagian atasnya, kita taburkan coco husknya, ketebalan coco husk tersebut, bisa disesuaikan saja dengan luas kandang, dan kenyamanan sulcata.

Harga coco husk 30 rb perkantung. Fungsinya, agar saat kura-kura buang air besar, kita mudah dibersihkan dan membuangnya, jadi tinggal coco husknya yang diambil untuk dibuang. Coco husk biasanya digunakan jika jumlah kura-kura yang dipelihara itu sedikit, coco husk bisa lebih menguntungkan dan memudahkan. Kalau kura-kura yang dipelihara lebih banyak, maka kandang tanpa alas akan jauh lebih menguntungkan.

Harga nutrisi Kalsium yaitu 45 rb perbotol, diberikan bersamaan dengan pemberian pakan sayuran, bisa diberikan dengan cara ditaburkan di atas pakan sulcatanya, jadi saat sulcatanya makan sayurannya, maka mereka juga akan memakan kalsiumnya.

Wadah kandang bisa dibeli eceran di toko plastik terdekat. Jadi, wadah ini harganya bisa bervariatif sekali, tergantung ukuran, kualitas, dan lokasi di mana kita membelinya. Minimal perlu dua buah kandang, tujuannya agar bisa dibuat gantian, jadi setelah dicuci kandang tersebut tidak langsung digunakan kembali, ada masa istirahatnya, agar kuman dan bakterinya bisa berkurang lebih banyak.

Sampo anti bakteri 60 rb perbotol, kita gunakan untuk membersihkan tubuh sulcata, saat memandikannya, biasanya sulcata dimandikan dengan sabun, sebanyak dua kali dalam seminggu.

Semprotan desinfektan 65 rb perbotol, atau semprotan anti bakteri, kita gunakan untuk membersihkan kandang. Jadi, setelah kandang selesai dibersihkan dari kotoran, maka bisa langsung disemprot dengan desinfektan ini, setelah beberapa saat, kandang siap digunakan kembali.

Sampo anti bakteri, dan semprotan desinfektan, diperlukan agar dapat menghindarkan sulcata dari serangan kuman dan bakteri.

Intinya, karena harga sulcata itu sendiri masih sangat mahal, yaitu untuk biaya anakannya saja masih berkisar antara 1 – 1,5 jutaan, dan semakin besar harganya semakin mahal. Maka tidak salah, jika biaya perawatan sulcata, juga menjadi mahal, kalau kita masih menjadi kaum mendang – mending, lebih baik kita memelihara hewan lain saja, yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan