Kura-kura Sulcata yang Tidak Suka Makan Sayuran dan Maunya Hanya Makan Pelet Saja

Pada dasarnya kura-kura jenis sulcata adalah jenis kura-kura pemakan tumbuhan, tetapi untuk memudahkan para penghobi maka selain diberi pakan sayur-sayuran, mereka juga memberikan pakan tambahan atau pakan pengganti berupa pelet (pakan kering buatan pabrik, dengan produksi mesin).

Untuk jenis pelet yang diberikan untuk kura-kura sulcata, biasanya ada dua jenis, yaitu pelet yang berbasis dari buah-buahan, dan pelet yang berbasis sayur-sayuran, untuk pemilihan jenis peletnya sendiri akan disesuaikan dengan pengamatan dari pemiliknya.

Lalu apakah kura-kura sulcata, yang hanya mau makan peletnya saja, itu aman untuk kesehatan si kura-kura itu sendiri? Jawabannya aman. Karena pada dasarnya, kandungan dari pelet itu sendiri, berasal buah-buahan dan sayur-sayuran, jadi sama saja seperti makan sayuran segar.

Perternak perlu tahu, bahwa kura-kura sulcata memiliki kebiasaan, yang suka memakan apapun pakan yang berada di dekatnya saja, dan malas berjalan jauh untuk mencari makan. Melihat sikap dan prilakunya yang seperti ini, maka sebaiknya kita memberi pakan secara menyebar, baik itu peletnya maupun sayuran segarnya, tujuannya agar kura-kura, memakan semua jenis pakan yang diberikan.

Meskipun dibilang aman, jika hanya mengkonsumsi pelet saja, tetapi jika penghobi ingin membuat kura-kura miliknya mau memakan sayurannya lagi, maka caranya tinggal puasakan saja kura-kura tersebut sekitar dua hari, lalu setelah itu hanya beri dia pakan sayuran, maka secara otomatis dia akan menyukai sayuran. Tetapi itu semua terserah kepada para penghobi sendiri, karena pada dasarnya pemberian kedua jenis pakan itu sama-sama baiknya.

Tinggalkan Balasan