Mengenal Lebih Dekat Kura-kura Darat Jenis Sulcata

Pada dasarnya, untuk kita yang tinggal di Indonesia, yang namanya kura-kura hias itu jumlahnya sangat banyak, bahkan, kura-kura lokal kita saja jumlahnya tidak kalah banyak, tetapi di antara semua jenis kura-kura itu, ada salah satu kura-kura yang cukup banyak peminatnya, kura-kura ini adalah Sulcata.

Untuk anda yang belum tahu tentang kura-kura sulcata, sebenarnya kura-kura ini berasal dari padang gurun Afrika, karena itu, warna cangkang dan kulitnya kuning kecoklatan, tujuannya agar mudah berkamuflase, dengan kondisi gurun, dan dataran kering di Afrika sana.

Karena, saat ini kura-kura sulcata sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, maka dari itu kura-kura sulcata sudah mulai dapat beradaptasi, dengan kondisi suhu dan iklim yang ada di Indonesia.

Kura-kura sulcata adalah jenis kura-kura darat, dan termasuk hewan herbivora (pemakan tumbuhan), dia juga memiliki umur yang panjang. Karena habitat aslinya adalah padang gurun dan dataran Afrika yang kering dan panas, maka mereka sangat nyaman dengan kondisi yang demikian. Kura-kura jenis ini, adalah jenis yang sanggup bertahan dalam kondisi yang kekurangan makanan dan air.

Kalau anda ingin memelihara hewan yang berumur panjang, kura-kura sulcata adalah jenis hewan berumur panjang, umurnya bisa mencapai 70 tahun.

Meskipun saat baru menetas, kura-kura ini ukurannya imut dan menggemaskan, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, dia akan tumbuh menjadi sangat besar. Bahkan ukuran tubuh kura-kura sulcata adalah yang terbesar ketiga di dunia. Jadi, perlu disiapkan juga kandangnya.

Perlu diingat juga, bahwa kura-kura sulcata memiliki sifat alamiah yaitu merupakan jenis hewan pemarah, jadi meskipun terlihat menggemaskan saat bayi, tapi seiring berjalannya waktu sifat pemarah ini akan muncul, jadi anda harus berhati-hati.

Meskipun terkenal memiliki usia yang panjang, tetapi jika anda tidak pandai-pandai merawatnya, terutama saat kura-kura ini masih bayi, maka kemungkinan besar untuk mati akan menjadi sangat tinggi, jadi perhatikan semua aspeknya dulu, sebelum anda memulai mengadopsinya.

Tinggalkan Balasan