Kandang Ayam Sebaiknya Harus Menghadap ke Utara atau Selatan

Karena di banyak kebudayaan, penentuan arah mata angin, itu selalu dihubung-hubungkan dengan hal mistis, yang berpengaruh kepada kemalangan atau keberuntungan. Tetapi tenang saja, karena penentuan arah kandang di sini, sama sekali tidak ada kaitannya dengan hal mistis tersebut, ini murni karena kebutuhan akan fungsinya saja.

Alasannya, karena kita tinggal di katulistiwa, sehingga arah matahari selalu dari Timur ke Barat, dan pergerakan arah matahari ke Utara atau Selatan itu sangat kecil sekali. Lalu, arah peredaran matahari ini, sangat konstan sepanjang tahun, jadi dalam membangun kandang, kita akan lebih mudah dalam menentukan arah datangnya sinar matahari.

Kenapa, pada judul artikel ini, saya mengatakan bahwa arah kandang itu harus menghadap ke Utara atau Selatan? Itu karena matahari, selalu datang dari Timur dan tenggelam di Barat. Jadi, jika kandang kita menghadap ke Timur atau Barat, maka setiap pagi dan sore hari, kandang kita akan menerima sinar matahari yang sangat banyak.

Akibatnya, karena menerima paparan sinar matahari yang sangat banyak, maka kondisi di dalam kandang menjadi sangat panas sekali, dengan kondisi seperti ini, maka kandang akan terasa seperti di dalam oven pemanggang, dan panasnya menjadi sangat panas.

Pastinya, dengan suhu yang sangat panas seperti ini, tidak akan ada ayam yang sanggup bertahan. Resikonya, ayam akan segera mati semua, baik itu ayam petelur maupun ayam pedaging, keduanya tidak akan selamat.

Tetapi, jika posisi kandang menghadap ke Utara atau Selatan, maka sinar matahari yang diterima oleh kandang menjadi lebih sedikit, dan kondisi suhu di dalam kandang akan menjadi lebih stabil, dan kondisi ini akan lebih layak hidup, bagi ayam yang ada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan