Banyak Terjadi Pertentangan Antar Warga dengan Peternak Soal Bau dan Lalat dari Kandang Ayam

Karena saat ini, ada banyak sekali konflik antara peternak, dengan warga sekitar, yang menuntut untuk ditutupnya kandang, maka memperhatikan lokasi dimana kita akan mendirikan kandang, milik kita itu menjadi sangat penting.

Yang paling menguntungkan, yaitu jika kita bisa punya lokasi yang jauh dari permukiman penduduk, tetapi hal seperti itu akan sangat sulit untuk dilakukan saat ini, karena kita tahu bahwa jumlah penduduk itu semakin banyak, sehingga harga tanah menjadi semakin mahal saja. Lagi pula, lahan yang jauh dari permukiman penduduk juga sulit diakses, terutama saat kita akan panen ayamnya, ataupun saat kita akan mengirimkan pakan dan semua kebutuhan kandang.

Sebenarnya, kandang itu juga memiliki banyak persyaratan, agar ayam yang kita pelihara itu bisa merasa nyaman, selain ayam kita nyaman, penduduk sekitar kandang juga memerlukan perasaan nyaman yang sama juga. Perasaan nyaman bagi ayam ini, pastinya akan sangat berbeda persyaratannya antara jenis ayam yang satu dengan jenis ayam yang lain. Ayam petelur dengan ayam pedaging, pasti berbeda, atau dengan ayam kampung pastinya berbeda semua, sekalipun semuanya disebut sebagai ayam.

Yang pasti, jika kita masih menyewa lahan untuk dibuat kandang, maka perhatikanlah lokasi yang akan kita sewa tersebut. Usahakan agar lokasi kita jauh dari permukiman warga, usahakan juga kita sudah memiliki fasilitas untuk mengolah limbah kotoran ayamnya.

Misalnya saja, kita sudah memiliki faslitas digester biogas, saptict tank, itu jauh lebih bagus, ataupun ada juga orang yang mengkombinasikan kotoran ayam itu dengan ikan, sehingga kotorannya bisa langsung teratasi. Kalau tidak, kita juga sudah punya angkutan khusus yang bisa digunakan untuk membuang kotoran ayam ke tempat yang aman.

Yang pasti kita harus sudah punya solusi untuk mengatasi masalah kotoran ini, karena dalam usaha peternakan, ini adalah sumber masalah paling penting, yang harus diatasi dengan baik, dan ini adalah sumber masalah dengan warga sekitar juga.

Untuk anda yang memiliki kandang di sekitar perumahan warga, maka sebaiknya langkah paling baik untuk ternak ayam anda adalah dengan membuat kandang tertutup. Pastinya dengan kandang seperti ini, bau tidak akan keluar dengan sembarangan (bahkan kita bisa mengatur arah keluarnya udara).

Tinggalkan Balasan