Ikan Hias Mati karena Kolam Dipenuhi Tanaman Air

Untuk saya, yang tidak menggunakan aerator / pompa air, atau alat lain untuk mensuplay oksigen ke dalam kolam, maka peran tanaman air menjadi sangat vital bagi saya. Salah satu syarat, agar tanaman air dapat hidup dengan baik, yaitu kolam ikan harus diletakkan pada area yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tujuannya agar tanaman dapat melakukan fotosintesis.

Pada dasarnya, dengan kondisi kolam yang ideal, seperti pemberian pakan yang mencukupi, maka ikan akan tumbuh dengan baik, lalu kotoran ikan akan menjadi pupuk yang dapat menyuburkan tanaman air di dalam kolam tersebut, serhingga dengan kodisi ideal seperti itu, akan membuat pertumbuhan ikan sekaligus tanaman air di dalam kolam tersebut, akan menjadi sangat baik.

Memang pada kadar tertentu, kondisi tersebut akan sangat menguntungkan, tetapi jika tanaman air tersebut tumbuh dan berkembang menjadi sangat banyak, maka saya melihat bahwa ikan yang ada di dalamnya akan banyak yang mati.

Ketika saya amati, ternyata tanaman air akan mengahalangi ikan, untuk mengambil oksigen bebas di udara, beberapa jenis ikan karena tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup di dalam kolam, mereka akan mengambilnya dari udara bebas, dan saat itu dihalangi, maka ikan akan mati.

Dengan banyaknya tanaman air, ikan juga kesulitan untuk mendapatkan makanan, karena pakan yang saya gunakan adalah dari jenis pelet yang mengambang di permukaan air, jadi kombinasi ini cukup mematikan.

Ikan hias, kondisinya berbeda dengan beberapa ikan konsumsi, karena ikan lele atau nila bisa memakan tanaman air yang ada dikolam mereka, tetapi ikan hias tidak bisa melakukannya.

Karena itu, sekarang saya mulai merangkai tanaman hias yang ada di kolam, tujuannya agar ada tempat bagi ikan untuk bisa mengambil udara. Ternyata saat saya berkunjung ke rumah peternak ikan hias lain, dia juga melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan, walaupun kami tidak pernah ngobrol sama sekali tentang hal ini, tetapi sepertinya karena mengalami permasalah yang sama, maka reaksi yang dilakukan cukup mirip.

Tinggalkan Balasan