Ikan Molly yang Mati Karena Tidak Bisa Melahirkan

Memang pada dasarnya jenis ikan kebanyakan bertelur, tetapi ada beberapa jenis ikan yang menyimpan telurnya di dalam tubuh induknya, lalu nanti saat telur tersebut setelah menetas, maka anakan ikan tersebut akan keluar dari tubuh induknya, sehingga ikan tersebut akan nampak seperti melahirkan. Molly adalah salah satu jenis ikan yang melakukan hal tersebut, jadi dia akan melahirkan bayinya setelah beberapa waktu mengalami kehamilan.

Biasanya, dalam waktu tiga bulan sejak dilahirkan, ikan molly sudah bisa mulai belajar punya anak sendiri. Pada waktu inilah biasanya ikan mengalami waktu yang sangat kritis, karena ikan masih belajar, jadi banyak ikan yang tidak dapat melahirkan anaknya, dan karena itu ikan yang masih belajar melahirkan ini tidak memiliki pengalaman yang cukup, sering kali ikan ditemukan mati.

Kalaupun kita operasi perut indukan ikan molly yang tengah hamil tersebut, maka akan kita dapati anakan ikan yang tidak dapat dilahirkan. Sebenarnya hal ini, tidak hanya terjadi pada ikan molly saja, karena beberapa jenis ikan hias lain yang berkembang biak dengan cara melahirkan ini, juga sering kali saya dapati mengalami permasalahan yang sama.

Saya tidak tahu apa penyebab pastinya, tetapi jika diperhatikan dengan lebih seksama, maka ikan molly yang kedapatan mati saat mengandung, adalah ikan yang hidup dengan banyak ikan lainnya. Sepertinya, indukan ikan mengalami ketakutan yang parah tentang anakan yang akan dia lahirkan. Dia merasa ketakutan jika nanti anaknya dimakan oleh ikan lainnya, karena itu saya berpendapat bahwa indukan ini akan menyimpan anaknya lebih lama di dalam perut, dengan tujuan agar anak mereka bisa lebih aman. Tetapi karena hal itu jugalah yang menyebabkan akhirnya indukan ikan mengalami kematian.

Karena itu, jumlah ikan dalam suatu wadah harus disesuaikan, agar ikan bisa berkembang biak dengan tenang. Tetapi hal ini bisa disiasati dengan cara membuat banyak pelindung untuk tempat bersembunyi anakan ikan yang baru lahir, akhirnya banyak tempat bersembunyi untuk anakan ikan ini juga akan membuat indukan lebih nyaman untuk melahirkan.

Tinggalkan Balasan