Cara Membasmi Kecebong yang Ada di dalam Kolam Ikan

Pada artikel sebelumnya saya menuliskan bagaimana buruknya, akibat yang akan ditimbulkan jika kolam ikan milik kita sampai kemasukan kecebong. Lalu pada artikel kali ini, akan saya bahas bagaimana cara paling baik untuk menghilangkan kecebong yang sudah terlanjur masuk ke dalam kolam kita.

Untuk kolam yang saya maksudkan di sini adalah segala jenis kolam ikan, baik itu kolam ikan hias maupun juga ikan konsumsi. Karena pada dasarnya akibat dari serangan kecebong terhadap ikan kurang lebih sama saja, yaitu sama-sama mematikan.

Saya pernah berusaha keras untuk menyisir kolam milik saya menggunakan jaring, ternyata meskipun saya berhasil mendapatkan banyak sekali kecebong, tetapi tetap saja saya tidak bisa membersihkan kecebong tersebut secara menyeluruh. Walaupun sudah dibersihkan seperti apapun, tetap saja ada kecebong yang berhasil lolos dari pembersihan tersebut jumlahnya tetap banyak, bahkan saya sampai menggunakan berbagai jenis ukuran jaring, tetapi hasilnya sama saja, tidak memuaskan.

Bahkan jika anda berusaha untuk menyedotnya, maka jumlah kecebongnya mungkin akan berkurang, tetapi hal itu tidak akan bisa menghilangkan seluruh kecebong yang ada di dalam kolam, biasanya tetap saja masih ada kecebong yang masih tersisa.

Menurut saya cara yang paling efektif, adalah mencegah katak untuk masuk ke kolam ikan kita, jadi katak tidak bisa bertelur, maka kecebong tidak akan masuk ke dalam kolam kita.

Cara yang saya gunakan untuk mencegah agar katak tidak masuk ke dalam kolam, yaitu dengan menutupi kolam tersebut menggunakan jaring hitam (waring). Masalahnya jenis ikan yang saya pelihara adalah ikan konsumsi dan ukuran kolamnya juga tidak terlalu luas, maka cara ini sangat efektif, tetapi jika ukuran kolam sangat besar, maka cara ini akan nampak sia-sia. Apalagi jika jenis ikan yang anda pelihara adalah ikan hias misalnya seperti ikan koi, maka dengan menutupi kolam hal ini akan membuat keindahan kolam menjadi rusak. Jadi, cara ini perlu diperhatikan baik-baik.

Lalu langkah apa yang paling efektif jika kolam kita sudah terlanjur dipenuhi oleh kecebong. Menurut pengalaman saya, bahwa tidak ada cara lain yang paling efektif selain menguras air kolam. Yang pasti, kita harus memindahkan dahulu ikan yang ada di dalam kolam, ke wadah yang bebas kecebong, lalu kita keringkan kolam tersebut. Dengan cara ini pasti seluruh kecebong yang ada di dalam kolam akan hilang sempurna.

Tetapi yang jadi masalah berikutnya, jika pembersihan ini dilakukan pada saat musim kawin kodok, yang biasanya terjadi setiap musim hujan, maka proses pengurasan ini harus dilakukan berkali-kali, karena kodok yang baru akan kembali bertelur di kolam kita. Apalagi jika kolam kita ukurannya besar, maka jumlah air yang perlu kita kuras dan isi kembali akan sangat banyak, dan ini adalah masalah.

Tinggalkan Balasan