Akibat dari Membiarkan Tanaman Air Berkembang lebat di dalam Kolam Ikan

Sebelumnya saya berfikir bahwa jika kolam ikan ataupun akuarium diberi tanaman air di dalamnya, maka akan membuat kandungan oksigen di dalam air menjadi meningkat, sehingga harapannya ikan dapat lebih nyaman tinggal di sana. Karena dasar berfikir seperti inilah maka membuat saya berfikir bahwa jika jumlah tanaman air itu semakin banyak, maka itu akan semakin baik juga bagi ikan.

Boleh saya katakan bahwa pernyataan tersebut salah, karena yang sebenarnya terjadi yaitu tanaman air akan baik bagi pertumbuhan ikan jika jumlahnya tepat, dan akan menjadi bencana jika jumlahnya menjadi terlalu banyak. Dalam kasus ini itu terjadi pada semua jenis tanaman air untuk menambah kandungan oksigen di dalam kolam.

Cerita dari pengalaman saya, bahwa pernah suatu kali, saat saya memberi makan ikan, saya merasa ada yang aneh, karena saya tidak melihat pergerakan kehidupan sama sekali. Karena saya merasa penasaran tentang jumlah ikan yang ada di dalam kolam tersebut, maka saya memutuskan untuk menguras kolam tersebut, dan betapa terkejutnya saya, bahwa tidak ada satu ekorpun ikan disitu.

Jadi tanaman air itu menutupi seluruh permukaan air kolam, jadi sepertinya ikan tidak bisa mengambil pakan yang ada di permukaan air, mungkin juga ikan menjadi kesusahan dalam mengambil oksigen di udara bebas. Lalu saat kondisi ini berlangsung cukup lama, maka semua ikan yang ada di dalam kolam akhirnya mati.

Memang yang betul adalah perkembangan dan jumlah tanaman air yang ada di dalam kolam harus di jaga dan diperhatikan.

Tinggalkan Balasan