Apa yang Terjadi jika Kolam Ikan Koi tidak diberi Aerator?

Pernah suatu kali saya melihat kolam ikan koi milik salah seorang kenalan. Pada waktu itu saya tidak melihat ada aerator pada kolam ikan koi tersebut, karena biasanya di kolam-kolam ikan koi yang lain, aerator adalah barang wajib yang harus ada, maka dari itu saya jadi penasaran.

Selanjutnya, saya bertanya mengapa di kolam tersebut tidak dipasang aerator? Bagi anda yang belum tahu apa itu aerator, Aerator adalah alat yang diletakkan di dalam kolam atau aquarium yang berfungsi untuk menghasilkan gelembung-gelembung udara. Fungsi aerator yaitu untuk menambah kandungan oksigen terlarut yang ada di dalam kolam.

Kembali lagi, jadi kolam ini hanya menggunakan air terjun mainan sebagai sumber oksigen bagi ikan koi di dalamnya. Selama setahun terakhir ini, teman saya mengatakan bahwa, tidak pernah ada masalah berarti yang menyangkut kondisi ikan koi.

Karena biasanya ikan koi yang mengalami kekurangan oksigen, maka akan banyak muncul ke permukaan air dan berusaha untuk mengambil oksigen dari udara bebas. Mungkin bahasa lainnya “Ngap-ngapan“. Tetapi pemilik kolam ini mengatakan bahwa hal tersebut tidak pernah terjadi, jadi dia merasa bahwa air terjun buatan ini masih cukup untuk dia.

Meskipun hanya menggunakan air terjun mainan saja, tetapi sebenarnya di belakang air terjun mainan tersebut dia tetap memasang sistem penyaringan air yang memadai, bahkan kolam juga sering dibersihkan setiap dua minggu sekali. Jadi, boleh dibilang kondisi ikan sudah cukup memadai untuk dapat hidup layak.

Meskipun demikian, bagaimanapun juga dia tetap mengakui bahwa jika kolam tersebut diberi aerator, maka kolam tersebut akan menjadi lebih baik, hanya saja untuk saat ini dia merasa bahwa dengan memberikan air terjun mainan di kolam itu sudah cukup memberikan oksigen bagi kolam miliknya.

Mungkin untuk anda yang ingin mencoba cara ini sebaiknya yang anda perhatikan adalah ketinggian air terjun mainan pada kolam milik anda. Karena semakin tinggi air terjunnya, maka semakin banyak kandungan oksigen yang bisa dihasilkan dalam air kolam tersebut.

Tinggalkan Balasan