Mengatasi Kanibalisme pada Ikan lele dengan menggunakan Buah Mengkudu

Bagi anda yang masih pemula, perlu anda ketahui, bahwa ikan lele adalah merupakan jenis ikan kanibal, yang tidak segan-segan untuk memakan temannya sendiri, biasanya ini terjadi pada ikan yang ukuran tubuhnya lebih besar kepada ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil, untuk umurnya ikan lele tidak peduli, yang penting ukuran temannya lebih kecil, maka dia tidak akan segan untuk memakan temannya itu.

Selain itu kanibalisme ini sering kali terjadi pada saat kondisi air cenderung jernih, lalu populasi ikan di dalam kolam cukup padat, yang terakhir adalah pemberian pakan yang tidak teratur, akibatnya ikan dengan mudah melihat temannya yang lebih kecil, dan dengan kondisi perut lapar, maka ikan akan cenderung untuk mencoba memakan temannya itu.

Kondisi air kolam yang agak jernih ini biasanya terjadi pada saat kolam habis dilakukan sortir, ataupun biasanya setiap beberapa waktu sekali, air kolam lele akan dikurangi untuk kemudian ditambahkan air baru yang lebih bersih. Jadi, memang ada periode tertentu yang pasti membuat kondisi air kolam lele bisa nampak lebih jernih.

Beberapa waktu yang lalu, ada salah seorang teman yang mengatakan kepada saya, bahwa dia punya cara agar ikan lele miliknya tidak menjadi ganas untuk memangsa temannya. Cara yang dia gunakan, yaitu dengan memberi makan ikan lelenya dengan menggunakan buah mengkudu, biasanya ada orang di daerah rumah tinggal saya yang menyebutkan buah mengkudu sebagai pace, mungkin ini hanya soal penyebutannya saja.

Caranya pemberian buah mengkudu tersebut, yaitu: pertama bersihkan buah mengkudu pada air mengalir selanjutnya tinggal remas saja buah mengkudunya menjadi potongan-potongan kecil, dan tinggal lemparkan saja hasil remasan buah mengkudu tadi pada ikan lele yang ada di dalam kolam. Biasanya ikan lele, akan dengan lahap memakan buah mengkudunya, dan setelah itu ikan-ikan tersebut cenderung berkurang rasa kanibalismenya.

Buah mengkudu ini bisa meredam sifat kanibalisme ikan lele sampai kondisi air agak keruh kembali, pada saat sudah menjadi agak keruh, biasanya ikan yang lebih kecil akan merasa lebih aman dan lebih berani untuk bergerak.

Untuk saya sendiri, belum pernah mencoba cara ini, karena saya masih lebih mengutamakan sistem sortir untuk mengurangi kanibalisme pada ikan lele milik saya. Selain itu, biasanya saya menjaga agar kondisi air di kolam lele milik saya, selalu dalam kondisi sedikit keruh, jadi memang cara penggunaan buah mengkudu ini tidak terlalu saya butuhkan.

Tinggalkan Balasan