Harga Jual Ikan Cupang yang Sedang Tenggelam

Artikel ini ditulis pada periode awal Maret 2022, jadi memang boleh saya katakan bahwa soal harga jual ini memang ada fluktuasinya, kadang memang harga jualnya bisa sangat mahal tetapi di sisi lain harga jualnya bisa jatuh menjadi tidak berharga sama sekali.

Tetapi yang ingin saya ceritakan saat ini adalah soal harga jual ikan cupang yang ada di sekitaran Jawa Timur, yang tampaknya mengalami penurunan harga yang sangat signifikan sekali. Jadi, ada salah seorang teman saya yang berprofesi sebagai peternak ikan cupang, boleh dikatakan pangsa pasarnya untuk dijual di seluruh Jawa Timur, tetapi ketika saya berkunjung ke tempatnya budidaya, dia mengatakan bahwa saat ini dia tidak membudidayakan ikan cupang hias yang mahal harganya, tetapi hanya beternak ikan cupang murahan saja.

Teman saya ini mengatakan bahwa beternak ikan cupang murah ini dia gunakan sebagai penyambung nafas, agar dapurnya tetap bisa mengepul. Pangsa pasar ikan cupang murah ini adalah anak sekolah SD yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Harga jualnya berkisar antara Rp 2.000 – Rp 2.500 / ekornya.

Dia mengatakan bahwa secara garis besar beternak ikan cupang yang harganya mahal dengan ikan cupang yang harganya murah itu relatif sama saja, yang membedakannya yaitu ikan cupang yang harganya mahal tidak bisa dibanting harga seperti halnya ikan cupang murah, karena ini akan membuat persaingan tidak sehat diantara peternak yang akhirnya akan memukul pasar ikan cupang itu sendiri. Jadi, karena alasan tersebut dia hanya beternak ikan cupang yang biasa-biasa saja.

Sebenarnya saya juga melihat beberapa postingan di sosial media yang mengatakan bahwa pangsa pasar untuk beberapa jenis ikan lain juga mengalami hal yang sama, misalnya saja ada peternak ikan koi yang membuang ikannya di sungai, akibat dari jatuhnya harga jual ikan koi. Sepertinya trend penurunan harga ini juga terjadi pada beberapa jenis ikan hias, jadi tidak mutlak pada satu jenis ikan saja.

Tinggalkan Balasan