Mengenal Usaha Budidaya Burung Walet yang Sangat Menguntungkan

Mungkin kita sering mendengar, bahwa banyak peternak burung walet, yang bisa menjadi kaya raya, tetapi kita tidak tahu mengapa bisa sampai demikian. Karena itu, pada artikel ini kita akan sedikit mengenal burung walet ini.

Salah satu yang membuat sarang burung walet itu dihargai mahal, karena kelangkaannya, burung walet tidak bisa hidup di semua negara di dunia ini, burung walet hanya bisa hidup di beberapa negara Asia Tenggara saja, misalnya Indonesia, Thailand, Malaysia, Laos, Vietnam, Timor Leste, Filipina dan Kamboja.

Hal ini dikarenakan burung walet hanya bisa hidup pada habitat yang lembab, dan semakin lembab kondisi hidupnya, maka semakin baik perkembang biakan burung waletnya. Dan hanya negara-negara tersebutlah yang memiliki iklim lembab.

Harga jual sarang burung walet mentah saat ini, berkisar antara 11 – 20 juta rupiah perkilogramnya, biasanya dalam 1 kilogram sarang burung walet berisi sekitar 120 keping mangkok, dan setiap keping magkoknya rata-rata memiliki berat 8 – 10 gram.

Air liur burung walet memiliki tekstur yang lengket, dan memiliki fungsi untuk menempelkan sarang tersebut ke dinding dan langit-langit dinding teratas gua. Sarang ini mengandung protein yang tinggi kandungan kalsium, zat besi, magnesium.

Ilmu pengobatan China percaya bahwa sarang burung walet, dapat membuat awet muda, melawan kangker, meningkatkan konsentrasi.

Burung walet tidak bisa dikurung, karena dalam enam hari saja setelah dikurung, maka walet akan mati. Karena burung walet memiliki sifat dan habitat di ruang terbuka dan biasa terbang tinggi. Bila dikurung burung walet sulit mendapatkan makanan kesukaannya.

Negara yang paling banyak membeli produk sarang burung walet Indonesia, adalah China, tetapi meskipun demikian ada negara lain yang juga menjadi tujuan ekspor, misalnya saja Australia, Amerika, Kanada, Hongkong, Singapura, Afrika Selatan. Tetapi untuk setiap negara, memiliki protokol kesehatannya sendiri yang harus dipenuhi.

Biaya yang paling banyak dalam usaha sarang burung walet, misalnya saja biaya pembelian atau sewa lahan, pembangunan rumah, upah kerja, & perijinan.

Informasi tentang pemasaran sarang burung walet masih sangat terbatas, dan jarang dishare untuk publik. Karena itu, pemasaran biasanya dimonopoli oleh pengepul, sehingga informasi sangat terbatas.

Dalam satu kali panen setiap bulan, biasanya hanya menghasilkan 5 Kg – 10 Kg, dan jumlah ini sangat kecil. Harga jual sarang burung walet kualitas A / mangkok berkisar 15 rb, Untuk kualitas B / sudut berkisar 13 rb, Untuk kualitas C / patahan berkisar 12 rb.

Bagi anda yang ingin mengeksport sarang walet yang ingin, maka ada beberapa biaya lagi yang perlu anda siapkan, misalnya saja tarif keluar dari negara asal dan tarif bea masuk negara tujuan.

Salah satu, hambatan yang dialami oleh peternak burung walet, adalah adanya isu soal virus flu burung. Hal ini, karena isu tersebut dapat menurunkan harga jual sarang burung walet.

Masalah lain, yang sering dihadapi oleh peternak misalnya, adanya penolakan dari warga sekitar, karena rusaknya pemandangan karena adanya bangunan sarang burung walet, timbulnya bau dari kotoran burung walet, bau yang disebabkan dari pakan tambahan burung walet, terganggunya kualitas udara, menurunnya kualitas air tandon penduduk, dan kebisingan yang ditimbulkan oleh alat pemamgil walet.

Untuk peternak yang sudah memiliki sosial media, maka biasanya dia bisa mencari pembeli dengan jangkauan yang lebih luas lagi, bahkan eksport.

Tinggalkan Balasan