Dengan Memelihara Ayam Bisa Bebas Biaya Gas, Biaya BBM dan Biaya Pemanas Air

Pengalaman ini, adalah cerita setelah saya menyaksikan portal siaran berita, pada tayangan tersebut, dikatakan bahwa seorang pria yang berasal dari Kenya, mengatakan bahwa dia bisa terbebas dari biaya gas bulanan, BBM, dan pemanas air mandi, dengan cara memanfaatkan kotoran ayam miliknya.

Langkah yang dia lakukan, yaitu pertama-tama, kotoran ayam yang telah dia kumpulkan dari kandang, akan disiram dengan air, lalu diaduk-aduk sebentar, sampai kotoran ayamnya jadi encer, tujuannya agar kotoran tersebut, mudah dimasukkan ke dalam digester biogas.

Digester adalah wadah penampungan kotoran ayam, guna mengeluarkan kandungan gas metana, yang terkandung di dalamnya. Boleh dibilang, bahwa cara kerja digester ini, sangat mirip seperti cara kerja saptick tank pada wc rumah kita, hanya saja saluran pembuangan gasnya di arahkan untuk keperluan tertentu.

Setelah beberapa saat, akan terjadi akumuliasi gas dari kotoran yang baru saja dimasukkan. Untuk tempat penyimpanan gasnya, dia memiliki sejenis kantong karet yang dapat digunakan sebagai indikasi bahwa gas yang terbentuk apakah sudah cukup banyak atau belum.

Lalu gas tersebut, dapat dialirkan ke dapur rumah, dan dapat digunakan untuk menyalakan kompor dan siap digunakan untuk memasak. Jika gas tersebut dimasukkan ke water heater, maka air mandi yang dikeluarkan akan menjadi air hangat. Bahkan gas yang telah dia hasilkan, juga bisa dialirkan ke genset pembangkit listrik, untuk digunakan sebagai pengisi daya mobil listrik.

Sebenarnya pengalaman tersebut, juga bisa kita terapkan dalam kehidupan kita di sini, di Indonesia. Karena untuk sumber daya seperti itu, di Indonesia jumlahnya sangat banyak sekali. Kita punya kambing, sapi, ayam, yang sangat bervariasi jenisnya. Hanya saja, memang proses pembuatannya sedikit rumit, dan memerlukan biaya.

Lagi pula, kotoran yang sudah diambil gasnya dari dalam digester, memiliki kandungan pupuk yang lebih tinggi, selain itu air buangannya juga memiliki mikroba yang dapat dijadikan pakan ikan. Keuntungannya ada, tetapi biasanya uang dan tenaga untuk mengerjakannya yang tidak ada.

Tinggalkan Balasan