Memilih Umpan yang Baik Saat Memancing

Beberapa orang teman saya sangat hobi memancing, karena itu saya bertanya-tanya soal umpan apa yang sering mereka gunakan? Menurut mereka, bahwa umpan itu tergantung dari jenis ikan apa yang ingin mereka pancing, jadi ditentukan dulu jenis ikan yang ingin ditangkap. Tujuannya untuk memaksimalkan hasil tangkapannya.

Biasanya ikan akan sangat antusias, untuk menyambar umpan yang berasal dari jenis makanan yang sering mereka konsumsi. Misalnya saja, anda ingin memancing ikan di sungai atau perairan air tawar, maka jenis cacing, ulat daun pisang, belalang, jangkrik, adalah pilihan yang baik.

Tetapi jika anda ingin memancing di embung, bendungan, atau tempat penyimpanan air, maka biasanya jenis ikan yang banyak ditebar di sana adalah, jenis ikan-ikan herbifora yang lebih suka mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan. Tujuan dari pihak pengelola bendungan menyebarkan jenis ikan herbifora seperti yaitu untuk mengurangi pertumbuhan lumut, alga, ganggang, dan tumbuhan lain yang dapat merusak ataupun mengganggu kinerja bendungan tersebut.

Biasanya jenis ikan yang banyak disebar di dalam bendungan ini misalnya saja seperti jenis ikan nila dan mujaer, dan kalaupun ditambahkan jenis ikan lain, kebanyakan yang saya tahu berasal dari jenis lele dan patin, tetapi biasanya jumlahnya tidak sebanyak nila dan mujaer. Jadi, umpan yang manjur untuk di daerah seperti ini adalah dari jenis lumut air.

Jika anda ingin memancing ikan di kolam pemancingan, biasanya pakan yang diberikan kepada ikan adalah jenis pakan pabrikan yang sudah jadi, biasanya kita menyebut pakan ini sebagai pelet. Tidak peduli jenis ikannya, biasanya ikan yang ada di kolam pemancingan mereka selalu diberi pakan pelet.

Sebagai informasi saja, bahwa pelet itu ada banyak dipasaran itu banyak jenis, merk dan ukurannya. Menurut pengalaman saya sebagai peternak ikan, jenis pelet yang paling disenangi ikan itu adalah jenis pelet yang ukurannya paling kecil, jadi semakin kecil ukuran pelet, maka semakin disenangi ikan.

Alasannya, karena semakin kecil ukuran pelet, maka semakin banyak juga kandungan proteinnya, dan ini yang paling disenangi ikan, sepertinya ikan menganggap bahwa pelet seperti ini rasanya enak. Dan semakin besar ukuran pelet, maka kandungan proteinnya semakin sedikit. Karena itu pelet yang ukurannya lebih kecil akan dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pelet yang ukurannya lebih besar.

Untuk di laut, biasanya pilihan umpannya jauh lebih banyak lagi, karena tergantung daerahnya dan juga jenis ikan yang ingin ditangkap. Tetapi umpan berupa ikan segar, ataupun umpan yang berbentuk mirip seperti ikan berenang akan umum digunakan oleh pemancing. Bagi anda yang hanya ingin memancing di pinggir pantai, maka umpan dari daging ikan sudah cukup untuk menarik perhatian ikan.

Tinggalkan Balasan