Memilih Lumut yang Baik sebagai Umpan Memancing

Setelah pada artikel sebelumnya saya membahas umpan yang cocok untuk memancing ikan berdasarkan lokasi pemancingannya, maka pada saat ini saya ingin fokus untuk membahas cara memilih lumut yang baik sebagai umpan memancing.

Untuk daerah rumah saya, pemancing yang menggunakan lumut ini adalah mereka yang ingin memancing ke bendungan, dan jenis ikan incaran mereka adalah jenis nila dan mujaer, meskipun tidak menutup kemungkinan mereka akan mendapatkan lele ataupun jenis ikan lain.

Pertama anda bisa mencari lumut tersebut di sungai, rawa, sawah ataupun tempat yang digenangi air dalam waktu lama. Lumut air ini berbeda bentuknya dengan lumut yang menempel di dinding rumah, lumut ini berbentuk memanjang seperti untaian benang, kalau saya menganggap bahwa yang biasa disebut lumut oleh pemancing ini sebenarnya adalah jenis alga hijau, karena mirip sekali bentuknya.

Lumut yang baik adalah yang memiliki warna hijau tua yang pekat, dan jangan memilih yang masih berwarna hijau muda, karena semakin muda warnanya maka lumut itu akan membuat lumut semakin mudah hancur, baik saat pengangkutan maupun saat digunakan sebagai umpan.

Biasanya setelah kita mendapatkan lumut dari sawah, sungai ataupun tempat lain, maka kita bisa menampunya dulu di wadah berisi air misanya kita bisa membawa ember. Lalu saat akan dibawa ke tempat memancing, kita bisa mengangkutnya menggunakan plastik kemasan.

Tetapi jika anda tidak ingin menggunakannya secara langsung, maka ada cara yang bagus untuk menyimpannya. Pertama-tama peras sampai tuntas air yang ada di dalam lumut, lalu bungkus lumut tersebut dengan menggunakan koran bekas, dan simpan lumut tersebut di dalam kulkas, tetapi jangan simpan lumut tersebut di freezer, beberapa pemancing mengatakan bahwa cara ini cukup efektif untuk menjaga kesegaran lumut selama seminggu.

Peringatan terakhir, bahwa jangan biasakan untuk mencampur lumut dengan garam, karena garam akan menghancurkan lumut menjadi seperti bubur. Kalaupun anda membeli lumut, maka perlakuannya sama saja, cukup anda perhatikan peringatan di atas.

Tinggalkan Balasan