Apa yang Terjadi Jika anda Memasukkan Ikan Garra Rufa ke dalam Kolam Koi ?

Saya pernah mendengar ada pertanyaan yang cukup menarik, kira-kira pertanyaan itu berbunyi seperti ini. Apakah aman jika saya memasukkan ikan garra rufa ke dalam kolam ikan koi? Bagi anda yang belum tahu apa itu ikan garra rufa. Garra rufa adalah jenis ikan yang biasanya digunakan sebagai terapi ikan, cara kerja ikan ini yaitu akan memakan sel kulit mati dari tubuh kita.

Yang menjadi keresahan peternak ikan koi, yaitu apakah nantinya ikan garra rufa yang dimasukkan ke dalam kolam koi, tidak akan mengganggu pertumbuhan ikan koi itu sendiri, yang ditakutkan yaitu jika sampai ikan garra rufa ini menjadi agresif, dan malah memakan tubuh ikan koinya.

Ternyata jawaban dari beberapa orang penghobi ikan koi yang mendengar pertanyaan ini, mereka mengatakan jika mereka sudah pernah mencoba memasukkan ikan garra rufa ke dalam ikan koi miliknya. Dan hasil yang mereka peroleh, setelah beberapa waktu lamanya, ternyata hasilnya cukup positif.

Pertama, ikan garra rufa ini cukup takut jika berhadapan dengan ikan koi, sehingga lebih sering mereka lari jika ikan koinya mendekat. Lalu ikan garra rufa juga senang memakan lumut yang ada di dinding kolam, jadi karena kehadiran ikan garra rufa, maka kolam mereka nampak lebih bersih dari lumut.

Selain itu, ternyata meskipun demikian ikan garra rufa yang ada di dalam kolam koi tersebut, masih bisa berkembang biak dan bertambah banyak, jadi mereka mengatakan tidak masalah jika anda memasukkan ikan garra rufa ke dalam kolam koi.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka sering menikmati keindahan ikan koi, sambil diterapi oleh ikan garra rufa, jadi ada beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Tinggalkan Balasan