Cara Menjaga Kualitas Pelet tetap Terjaga sampai Habis

Artikel ini adalah kelanjutan dari artekel sebelumnya, yaitu membahas tentang kualitas pelet yang mengalami perubahan warna dan kualitas. Jadi, karena ada peternak yang curhat tentang kondisi peletnya yang mengalami penurunan kualitas, maka kemudian ada peternak lain yang menimpali, bahwa dia selalu menjaga agar pelet yang dia beli selalu berada dalam kondisi yang baik.

Cara yang dia gunakan juga cukup mudah, yaitu dia hanya perlu menutup rapat kemasan peletnya, sehingga pelet tersebut tidak sampai terlalu lama kerena udara, dan pastinya pelet tersebut tidak sampai kemasukan serangga.

Cara yang dia gunakan dalam memberi pakan ikan miliknya, yaitu dia selalu mencampur terlebih dahulu peletnya sebelum dimasukkan ke dalam kolam, tujuannya agar pelet dapat lebih cepat dicerna oleh ikan bila dibandingkan dengan pelet yang diberikan dalam keadaan kering.

Selain itu, jumlah pakan yang diberikan kepada ikan dijaga agar tidak terlalu banyak, tujuannya agar ikan tidak sampai kekenyangan, yang akhirnya malah akan membuat ikan menjadi muntah. Yang menjadi masalah saat ikan muntah adalah kondisi air kolam yang akan langsung menurun.

Ini diakibatkan karena pakan yang sudah masuk ke dalam tubuh ikan, sebagian akan dicerna dalam lambung, sehingga saat pakan tersebut dikeluarkan kembali akan memiliki bau yang lebih menyengat, dari pada pakan yang masih baru. Jika kondisi air menjadi keruh dan bau, maka siap-siap saja jika sebentar lagi ikan lele anda akan berenang dalam posisi tegak berdiri.

Untuk melihat kualitas pakan teman saya ini juga mengatakan bahwa sebaiknya peternak selalu melihat tanggal kadaluarsa pelet yang baru saja dibelinya, tujuannya agar pakan yang dibeli memiliki kualitas yang terbaik.

Tinggalkan Balasan