Sapi Kurus Kering dan Lumpuh

Memang saya sudah sering melihat sapi peliharaan orang lain yang kondisinya sangat mengenaskan, sapi tersebut sangat kurus sekali, sampai-sampai semua tulangnya saling bertonjolan, sepertinya sapi tersebut tidak memiliki daging sama sekali.

Pada waktu itu saya berfikir apakah sapi tersebut tidak dirawat dan diberi makan oleh pemiliknya, tetapi sering kali saya menjumpai sapi dengan kondisi seperti itu ketika sapi-sapi tersebut sedang mencari makan di lapangan. Karena itu saya berfikir bahwa kondisi ini sangat ironis sekali.

 

Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang peternak sapi yang mengatakan bahwa sapi miliknya mengalami kondisi kurus kering seperti itu, dia menambahkan bahwa selain kurus kering sapi tersebut juga mengalami kelumpuhan pada bagian kaki belakangnya. Sehingga saat berpindah tempat sapi tersebut harus menyeret kaki belakangnya.

Sapi seperti ini kalau disembelih jumlah dagingnya sangat sedikit, dan kalaupun dijual harganya sangat murah. Jadi serba salah, mau diapakan sapi ini.

Seorang peterak sapi yang lebih berpengalaman dari saya mengatakan, jika masalah kelumpuhan ini disebabkan oleh kekurangan kalsium dan kurang nutrisi maka sapi tersebut bisa disuntik dengan menggunakan Calcidex plus 300 ml.

Tetapi jika sapi tersebut sudah diberi pakan yang bergizi, minum yang cukup, dan nutrisi yang baik, dan masih mengalami kurang nutrisi seperti di atas, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh serangan cacing hati. Untuk mengatasi masalah cacing hati, kita dapat menyuntikkan divonix kepada sapi tersebut. Untuk menyuntikkan sendiri kita bisa memposisikan pada bagian di atas daging dan di bawah kulit.

Hanya saja yang pasti bahwa diagnosis yang tepat adalah kunci dari menyelesaikan masalah seperti ini, karena itu tidak sedikit peternak yang menyarankan agar dipanggilkan mantri hewan terlebih dahulu, agar dapat melakukan analisis dan dapat memberikan diagnosis yang tepat, sehingga pengobatannya juga bisa lebih tepat.

 

Ada satu cerita lagi, bahwa ada peternak sapi lain yang mengatakan jika ada sapi miliknya yang juga kurus kering tetapi sudah hamil tua, dan sapi tersebut mengalami kematian setelah sapi tersebut terpeleset. Sepertinya sapi kurus kering seperti itu sangat lemah sekali kondisinya, bahkan sudah ada yang sampai tidak sanggup menahan berat badannya sendiri. Kerana itu peternak harap waspada saat melihat kondisi sapinya seperti ini.

Tinggalkan Balasan