Mengenal Mengapa Kondisi Rumput Odot yang Tumbuh Kecil ke Atas dan Cara Membuat Odot Menjadi Lebih Subur

Untuk anda yang belum tahu apa itu odot, odot biasa juga disebut sebagai rumput gajah mini, dan yang disebut rumput gajah di sini bukan rumput pendek pehias halaman rumah, tetapi sejenis rumput yang tumbuh mirip seperti tanaman sereh. Rumput odot adalah jenis rumput yang disukai dan baik untuk pertumbuhan ternak, khususnya sapi dan kambing, atau hewan rumansia lainnya.

Mungkin anda pernah mengalami sendiri atau hanya melihat saja, bahwa ada rumput odot yang tumbuhnya kecil-kecil ke atas. Karena biasanya rumput odot akan tumbuh menyebar kesamping dengan penampang daun yang lumanyan lebar. Maka rumput odot yang mengecil hanya ke atas ini, memiliki tekstur yang cenderung keras dan kaku, akibatnya selera makan hewan ternak kita juga cenderung kurang lahap.

Ada beberapa faktor penyebab rumput odot menjadi seperti ini, misalnya saja karena kodisi tanah yang menjadi kurang subur, sehingga menyebabkan pertumbuhan rumput odotnya menjadi terhambat.  Penyebab tanah menjadi kurang subur bisa terjadi karena penanaman rumput yang terlalu lama, sehingga nutrisi yang terkandung di dalam tanah menjadi habis terserap oleh tanaman, biasanya terjadi pada saat rumput sudah sering dipanen, tetapi tidak pernah dilakukan pemupukan kembali.

Selain itu, rumput yang sudah sering dipanen, tetapi tidak pernah dibongkar untuk dilakukan penanaman ulang, akan memiliki banyak bonggol yang sudah tidak mengeluarkan tunas lagi, akibatnya dalam satu rumpun rumput odot akan ada banyak sekali bonggol rumputnya tetapi lebih sedikit batang daunnya.

Perlu anda ketahui bahwa bonggol rumput odot, meskipun dia sudah tidak mengeluarkan tunas daunnya, tetapi tetap menyerap air dan nutrisi tanah seperti biasa. Akibatnya rumput yang masih mengeluarkan tunas akan berebut makanan dan air, dan akibatnya membuat hampir semua rumput di lahan tersebut akan menjadi tidak maksimal.

Selain itu karena padatnya jumlah odot dalam satu rumpun, apalagi jika ditambah dengan bonggol kosongnya, maka ini akan menyebabkan rumbut hanya bisa tumbuh ke atas, karena jika tumbuh kesamping sudah terlalu padat.

 

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah di atas. Hal pertama anda bisa memberikan pupuk kandang secara rutin, terutama setelah rumput dipanen, hal ini karena rumput yang sudah panen akan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk menumbuhkan batang dan daunnya kembali.

Lalu setelah sekian kali dipanen, maka anda perlu melakukan pembongkaran, hal ini perlu dilakukan untuk membuang bonggol yang sudah tua dan tidak menghasilkan daun lagi. Selain itu proses pembongkaran ini juga dimaksudkan untuk memberikan peluang agar rumput muda untuk muncul dan tumbuh.

Tetapi untuk berapa kali jumlah panen rumput odot, sebelum rumput tersebut harus dibongkar, maka saya tidak tahu persis jumlahnya, karena hal ini tergantung sekali dari kondisi kesuburan lahan, jarak tanam antar rumput dan rutinitas pemupukan yang lakukan.

Tinggalkan Balasan