Hal yang Menguntungkan bagi Peternak Burung Profesional

Sebetulnya, artikel ini masih merupakan cerita dari narasumber peternak burung yang sama, yang saya ceritakan pada artikel-artikel sebelumnya. Pada artikel ini dia bercerita banyak soal bagaimana dia mendapatkan burung kualitas juara dengan harga yang sangat murah, setelah dirawat sebentar, lalu burung tersebut diikutkan kontes, ternyata harga jual burung itu bisa meningkat tajam.

Dan karena inilah maka dia mengatakan bahwa ada cara mendapatkan uang dengan mudah, yaitu dengan cara mendapatkan burung bagus dengan harga miring.

Sering kali, peternak yang saya ceritakan ini berjalan-jalan di sekitar pasar burung yang ada di beberapa kota, jadi tujuan dia datang ke pasar-pasar itu hanya untuk melihat burung-burung muda yang masih baru tumbuh, tetapi yang sekiranya burung tersebut memiliki bakat untuk dilatih menjadi burung juara.

Biasanya burung seperti ini tidak akan terlalu diperhatikan oleh pedagang burung, dan biasanya akan dijual murah karena memang masih muda dan belum terlihat kemampuannya. Selain itu biasanya burung jenis ini dijual dalam sangkar besar yang berkumpul banyak burung di dalamnya.

Karena kemampuan dari narasumber, yang dapat mengetahui kemampuan seekor burung itu baik atau tidak, maka dia bisa melihat kira-kira burung mana yang bisa dijadikan sebagai burung juara dari yang hanya burung biasa saja. Biasanya dia akan mendengarkan dengan seksama, kicauan burung-burung muda yang dijual secara partai (gropyokan) ini.

Biasanya proses menemukan burung kualitas juara dengan harga murah ini sering kali terjadi secara tidak sengaja, meskipun kejadiannya cukup sering.

Selanjutnya adalah cara dan kemampuan peternak itu sendiri untuk membangkitkan kemampuan dari burung muda yang beru dibeli tersebut. Lalu saat sudah mulai terlihat kemampuan burungnya, maka tinggal mencoba burung tersebut dalam kontes yang sesungguhnya.

Biasanya di dalam kontes, meskipun burung kita tidak juara, tetapi akan ada beberapa orang peternak lain yang tertarik untuk membeli burung yang dilombakan, dan disitulah biasanya peternak yang saya ceritakan ini menjual burung tersebut.

Pada saat dijual pada arena kontes seperti ini, biasanya harga jual burung akan molonjak sangat tajam, dan inilah momen yang ditunggu-tunggu oleh dia.

Tetapi dia sendiri mengakui, bahwa untuk bisa mengenali suara burung di pasar yang kualitasnya bagus dengan harga yang murah, memerlukan bakat dan isnting yang kuat dan yang sudah terasah dengan baik, biasanya untuk mendapatkannya memerlukan waktu yang sangat lama.

Bagi orang awam biasanya hal ini sama saja seperti sesuatu yang mustahil, tetapi bagi orang yang sudah mahir membedakan suara burung, maka hal ini merupakan sesuatu yang mungkin untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan