Cara Mengatasi Lidah Kambing yang Membengkak Karena Keracunan

Kadang kala kita sebagai peternak, kita secara tidak sengaja memberikan pakan yang mengandung racun pada kambing peliharaan kita. Misalnya saja kita memberikan daun bergetah seperti daun talas pada kambing kita, yang akibatnya lidah kambing menjadi bengkak, menjulur keluar, dan penuh busa.

Dahulu jika ada kambing yang mengalami hal seperti ini, maka biasanya peternak akan segera menyembelihnya, karena menurut mereka kambing sudah sulit untuk ditolong, jadi lebih baik jika sebelum mati, kambing dipotong saja terlebih dahulu.

Tetapi beberapa waktu yang lalu, ada orang yang mengatakan bahwa pengobatan kambing yang mengalami keracunan seperti ini cukup mudah, yaitu anda tinggal menyediakan tiga butir kelapa muda, jika ditempat saya disebut dengan degan. Kumpulkan air kelapa muda tersebut pada sebuah wadah, kemudian berikan air kelapa muda itu sedikit demi sedikit kepada kambing.

Biasanya setelah beberapa saat, kondisi kambing akan segera pulih kembali seperti sedia kala, hanya saja di sini keuletan dari pemilik sangat diperlukan, karena anda harus memberikan minum air kelapa muda tersebut kepada kambing yang sakit. Di sini kadang kambing rewel dan tidak mau minum, sehingga menyulitkan peternak dalam memberikan air kelapa muda tersebut.

Perlu anda ketahui juga, bahwa air kelapa muda adalah bahan alami yang dapat menjadi obat penawar racun bagi kambing yang mengalami keracunan.

Tinggalkan Balasan