Mengatasi Penyakit Bebek yang disebabkan Virus dan Bakteri

Seperti kita sama tahu, bahwa hewan unggas seperti bebek sangat rentan terkena serangan penyakit, terutama sekali penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus maupun serangan bakteri. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering menyerang bebek, beserta dengan cara penanganannya.

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang bebek peliharaan kita misalnya saja: A1/flu burung/mata biru: penyakit ini bisa membunuh semua bebek yang anda miliki hanya dalam 4 hari.

Penyakit yang kedua adalah DVH/hepatitis bebek/dewa mabuk : penyakit ini kebanyakan menyerang bebek yang masih berukuran sangat kecil, yaitu yang masih berumur kurang dari dua bulan. Gejala penyakit ini, bebek yang masih kecil tersebut akan kejang-kejang, lalu akan segera mati.

Penyakit yang ketiga adalah EDS/telur lembek, akibat dari penyakit ini, maka kondisi telur akan menjadi lembek, dan produksinya akan turun drastis. Penyakit ini menyerang bebek petelur yang berada dalam masa produksi. Karena jumlah produksi turun, pastinya akan sangat merugikan peternak.

Jika penyakit yang diakibatkan oleh serangan virus, maka penyakit jenis ini tidak bisa diobati dengan menggunakan anti biotik. Tetapi penyakit ini hanya bisa dilawan dengan meningkatkan kekebalan tubuh bebek itu sendiri.

Hal pertama jika ada bebek anda yang terserang penyakit virus, maka anda harus memisahkan bebek yang sudah sakit tersebut dari bebek lain yang masih sehat. Lalu tempatkan bebek yang sakit tersebut, pada kandang tersendiri yang terpisah dari kandang yang bebek sehat yang lain, bisa dikatakan seperti kandang karantina. Tujuannya agar bebek yang sakit tersebut, tidak menularkan penyakitnya pada bebek yang masih sehat.

Hal kedua yang harus anda lakukan, adalah memberikan semua bebek yang masih sehat vitamin dosis tinggi, untuk merk dagangnya terserah anda masing-masing, tetapi yang jelas vitamin tersebut harus mengandung vitamin A, C, & E. Hal ini disebabkan karena vitamin ini mampu meningkatkan antibody tubuh bebek, dan dapat membantu tubuh bebek dalam melawan virus.

Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan penyemprotan pada kandang bebek, selama empat hari berturut-turut. Hal ini perlu dilakukan, karena bebek yang sakit akan mengeluarkan virusnya lewat kotorannya, karena kotoran ini banyak mengandung virus, maka perlu disemprot agar virusnya mati.

Usahakan agar dalam setiap kali melakukan penyemprotan anda menggunakan obat disinfektan yang tepat. Tetapi jika di daerah anda sulit untuk menemukan obat desinfektan, maka anda bisa coba untuk menggunakan Bayclin (obat pemutih pakaian). Dosisnya satu tutup bayclin dicampur dengan sembilan tutup air (1:9). Dikatakan bahwa formula bayclin ini cukup aman untuk digunakan menyemprot kandang bebek yang masih sehat.

Tinggalkan Balasan