Tips Menginggalkan Kolam Koi Selama Pergi Liburan

Sebentar lagi kita sudah memasuki musim Lebaran, kadang sebagai penghobi ikan koi kita merasa sayang jika harus meninggalkan kolam dalam waktu yang lama. Salah seorang teman saya mencoba memberikan beberapa tips, kepada para penghobi ikan koi, agar tetap merasa aman saat harus menginggalkan kolam miliknya.

Hal pertama yang harus dilakukan penghobi, adalah melakukan backwash (melakukan treatment air kolam) setidaknya seminggu sebelum keberangkatan. Backwash dilakukan sampai air kolam turun 20 – 30 % dari permukaan aslinya. Pada saat anda melakukan backwash, usahakan juga agar membersihkan chamber (ruang penyaring air) sekaligus. Sebagai catatan, jika air kolam yang digunakan adalah air PDAM, maka penurunan air yang dianjurkan hanya 10%. Setelah itu selesai, maka air kolam dapat ditambahkan kembali sampai pada level semula.

Hal lain yang perlu anda bersihkan, bersamaan dengan proses pembersihan kolam adalah pembersihan pompa-pompa air, pembersihan filter pompa udara (aerator). Sebagai langkah antisipasi sebelum anda pergi, maka sebaiknya anda juga memasang aerator listrik tambahan, tujuannya agar nanti saat ada pompa yang tidak bekerja, maka kolam masih memiliki cadangan oksigen.

Anda juga perlu memasang aerator DC di pinggir kolam, tujuannya agar nanti pada saat ada pemadaman listrik dari PLN, maka aerator ini dapat langsung dinyalakan. Hal ini merupakan langkah antisipasi, bagi orang yang kita pasrahkan untuk menjaga kolam.

Pada saat anda liburan atau anda sedang mudik, dan masih ada orang yang bisa diminta memberi makan ikan, maka sebaiknya anda meminta agar dia hanya memberi pakan sebanyak sekali dalam sehari, tetapi harus anda siapkan agar kandungan protein yang ada dalam pakan itu cukup tinggi yaitu diatas 40%.

Tujuannya agar ikan koi tidak menjadi kurus selama anda pergi, dan tujuan pemberian pakan hanya sekali dalam sehari, yaitu agar ikan koi tidak menghasilkan kotoran terlalu banyak, sehingga bisa mengganggu kebersihan kolam.

Tetapi jika memang tidak ada orang yang bisa diminta tolong, maka bisa saja ikan dipuasakan selama anda liburan. Untuk waktu maksimal ikan koi bisa dipuasakan yaitu sekitar dua bulan. Biasanya, setelah dua bulan, maka ukuran ikan akan menyusut, tetapi kondisinya tetap akan baik-baik saja.

Yang harus anda pastikan, bahwa masih tetap ada orang yang mengawasi kolam anda terutama pada saat pemadaman listrik PLN, karena pastinya pada saat pemadaman berlangsung, orang tersebut harus segera menghidupkan aerator DC. Selain itu, orang tersebut harus melakukan pengecekan berkala, apakah kondisi pompa masih menyala atau sudah tidak bisa menghisap air lagi, dan hal ini sangat penting.

Menurut teman saya adalah perbuatan nekat, jika meninggalkan kolam dalam waktu yang lama dengan kondisi pompa air yang sudah beberapa kali mengalami kerusakan ataupun gangguan. Karena kemungkinan pompa mengalami kerusakan saat anda tinggal akan menjadi sangat tinggi, dan pastinya akan sangat berisiko pada keselamatan ikan.

Selain itu, sebaiknya anda bersikap baik terhadap orang yang anda minta tolong untuk menjaga kolam anda, karena pastinya selama anda tidak ada, keselamatan kolam anda ada di tangan orang tersebut.

Tinggalkan Balasan