Mengatasi Mulut Kambing yang Terkena Luka Koreng

Seekor kambing milik tetangga saya, mulutnya mengalami luka, bentuk luka ini melingkar dan berukuran kecil, yang membentuk semacam cekungan ke dalam, berwarna merah daging dan terlihat lembab, meskipun tidak berdarah, dan terletak di bawah mulut.

Akibat luka ini, kambing tersebut sering merasa kesakitan saat akan makan ataupun minum, sehingga selera makan kambing menurun. Untuk penyebabnya sendiri, si pemilik tidak tahu persis, tetapi kemungkinan yang bisa dia pikirkan, yaitu akibat ditanduk oleh kambing lain.

Peternak lain yang melihat kondisi kambing ini mengatakan, bahwa bisa saja penyakit ini akibat dari pakannya. Karena kambing miliknya juga ada yang pernah mengalami penyakit seperti ini, hal ini terjadi setelah kambingnya diberi pakan rumput alang-alang. Kemungkinan besar disebabkan karena tekstur pakan yang tajam atau kasar, sehingga melukai mulut kambing. Tetapi memang penyebab utamanya tidak diketahui, karena itu semua ini hanya sebatas dugaan saja.

Jika kambing anda mengalami kondisi seperti ini, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan wormectin untuk disuntikkan pada leher kambingnya, sedangkan untuk membantu mempercepat penyembuhan lukanya, maka luka dapat diolesi dengan supertetra.

Untuk petunjuk pemakaian dan dosis yang digunakan sudah terdapat di kemasannya. Peternak yang memberi saran tersebut menjelaskan bahwa untuk wormectin, dijual dengan harga Rp 15.000 / kemasan. Untuk mendapatkan obat ini, anda dapat membelinya di toko penjual pakan ternak.

Selain cara pengobatan yang sudah saya sebutkan di atas, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dicoba. Misalnya saja ada peternak yang pernah menggunakan campuran belerang dengan oli kotor, untuk dioleskan langsung pada luka. Menurut dia cara ini bisa mempercepat penyembuhan luka pada kambing miliknya.

Ada juga peternak lain yang mengobati luka seperti ini dengan menggunakan kecap manis saja, hanya saja peternak ini mengingatkan agar proses pemberian kecap manis pada luka di mulut kambing harus diberikan secara rutin.

Saran dari peternak lainnya lagi, yaitu dia menggunakan zodium untuk mengobati luka pada mulut kambing miliknya.

Saran lain yang mungkin bisa dicoba, ada seorang peterak lain yang mengoleskan minyak tanah pada luka di mulut kambingnya secara langsung, dia mengatakan bahwa dalam seminggu, luka di mulut kambing tersebut bisa langsung mengering. Hanya saja proses pemberian minyak tanahnya harus diberikan secara teratur.

Tinggalkan Balasan