Rumput Raja sebagai Alternatif Pakan Ternak

Peternak yang ada di daerah sekitar tempat tinggal saya, masih menggantungkan pilihan pakan hijauan ternaknya pada jenis rumput gajah mini. Tetapi beberapa waktu yang lalu salah seorang kenalan menjelaskan, bahwa menurut dia jenis rumput raja adalah jenis rumput yang terbaik untuk pakan ternak. Karena hal itu, maka saya menjadi tertarik dan ingin tahu lebih jauh tentang rumput raja yang dia sebutkan itu.

Berikut adalah penjelasan dia tentang rumput raja tersebut : Rumput raja memiliki nama latin Tennisetum Purpureum x Pennisetum thypoides. Alasan mengapa nama rumput raja sangat panjang, yaitu karena rumput raja memang merupakan hasil persilangan antara rumput gajah (Pennisetum Purpureum) dengan rumput barja (Pennisetum thypoides). Karena penggabungan nama tersebut maka pada akhirnya nama rumput raja adalah Pennisetum Purpupoides.

Keunggulan rumput raja bila dibandingkan dengan rumput gajah, yaitu terletak pada jumlah hijauan yang bisa dihasilkan. Selain itu kandungan nutrisi yang terkandung dalam rumput raja juga lebih banyak bila dibandingkan dengan rumput gajah dan rumput gajah mini.

Dalam 1 m² biasanya dihasilkan 2,21 Kg rumput gajah, dan jika dikonfersikan dalam luasan satu hektar, maka produksinya sekitar 22,1 ton. Hitungan ini adalah hitungan dalam sekali panen. Untuk kandungan protein kasar rumput gajah sekitar 9%.

Sedangkan untuk rumput raja dalam sekali panen di lahan seluas satu hektar, maka produktifitasnya bisa mencapai 1.000 ton. Untuk kandungan protein kasar rumput raja sekitar 11%.

Karena itu dia saat ini cukup gencar untuk mengajak peternak lain agar mau menanam rumput raja, atau mengganti farietas rumput gajah mereka, dengan menggunakan rumput raja.

Sebagai gambaran saja, bahwa rumput raja ini bentuknya mirip seperti rumput gajah, hanya saja ukurannya yang lebih besar, yaitu memiliki ketinggian sekitar 5 meter.

Untuk mendapatkan rumput yang setinggi itu, memang perlu dilakukan perawatan rutin, perawatan tersebut misalnya dengan diberikan pupuk secara teratur, untuk pupuknya sendiri bisa menggunakan pupuk kandang produksi sendiri ataupun pupuk urea buatan pabrik.

Keunggulan lain dari rumput raja, bahwa rumput raja ini memiliki kemampuan untuk tahan terhadap kekeringan, hanya saja pada saat musim kering, maka produktifitasnya berkurang. Tetapi jika memang anda memiliki akses air yang melimpah, maka meskipun musim kemarau tetapi kondisi rumput tetap akan segar seperti saat musim hujan.

Untuk harga rumput raja tersebut Rp 150.000 / 20 Kg.

Tinggalkan Balasan