Ikan Koi yang Baru Dibeli Hanya Berkumpul di Pojokan Kolam

Teman saya baru saja menekuni hobi ikan koi, karena itu dia mulai dengan membuat kolam beserta chamber-chambernya. Dia cukup antusias dengan hobi barunya ini, hanya saja setelah membeli ikan koinya, dia merasa kesulitan dengan hobi barunya ini.

Kondisi pertama yang dia alami yaitu ikan yang baru saja selesai di karantina dan dimasukkan ke dalam kolam, ternyata ikan-ikan tersebut hanya mau berkumpul di pojokan kolam saja. Dan tidak mau berenang menyebar ke seluruh bagian kolam.

Jika anda mengalami hal seperti ini, ternyata menurut pembudidaya ikan koi senior di tempat saya, bahwa kondisi seperti ini merupakan bentuk adaptasi dari ikan koi. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda hanya memberikan pakan dalam jumlah yang sangat sedikit, dan jangan sampai ikan koi terlalu kenyang.

Setidaknya pemberian pakan seperti ini lakukan selama seminggu penuh. Dalam satu hari tersebut berikan pakan sebanyak dua kali, yaitu pagi dan sore.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi air, perhatikan juga apakah air yang anda gunakan tersebut apakah air yang masih baru, atau air yang sudah dilakukan treatment terlebih dahulu. Karena ikan koi sangat sensitif dengan perubahan air, sehingga memang perlu diperkenalkan terlebih dahulu dengan kondisi air yang baru.

Lalu kedalaman air juga perlu diperhatikan, agar ikan nyaman. Yang pasti aerator dan pompa harus selalu menyala, karena ikan koi adalah jenis ikan yang butuh banyak oksigen terlarut. Jika jumlah oksigennya kurang maka ikan koi akan merasa tidak nyaman atau bahkan mati.

Selain itu sistem penyaringan air yang baik juga harus diperhatikan, karena itu juga merupakan salah satu syarat agar ikan koi dapat hidup dengan nyaman.

Demikianlah tips yang diberikan oleh peternak ikan koi senior di tempat saya bagi kita para peternak pemula. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan