Perawatan Rutin dalam Budidaya Cacing Tanah

Perawatan rutin yang harus kita lakukan yaitu menjaga kelembaban media. Jadi, cacing adalah hewan yang tidak suka jika medianya terlalu kering, atau terlalu basah.

Cara sederhana untuk mengetahui kelembaban media cacing, yaitu anda bisa mengambil media yang berada paling atas, lalu kepalkan media tersebut, jika air di media itu menetes, maka itu adalah media yang lembab, dan media seperti ini yang kita perlukan dalam budidaya cacing tanah.

Tetapi jika airnya mengalir, maka media tersebut terlalu basah, tetapi jika tidak ada tetesan sama sekali, maka media itu terlalu kering.

Karena itu untuk menambah kelembaban dalam media cacing, sebaiknya jangan disiram, karena takut air yang disiram itu terlalu banyak. Sebaiknya jika ingin menyiram, gunakan saja sprayer atau semprotan burung.

 

Hal rutin lain yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan kegemburan media. Pengecekan ini bisa dilakukan setidaknya setiap 10 sampai 14 hari sekali. Hal ini karena media yang setiap hari disiram dan diberi makan, maka lama-kelamaan media akan menjadi padat, jadi agar media bisa lebih gembur, maka bisa dibalik dan digemburkan kembali.

Jangan khawatir saat anda membalik media dan ada cacing di dalamnya, jangan khawatir soal cacingnya nanti akan stress.

Cara menggemburkan media, yaitu anda tinggal memasukkan tangan anda ke dalam media, lalu balik medianya dan gemburkan, itu saja sudah cukup.

Tetapi ingat bahwa jangan terlalu sering melakukan penggemburan media, karena hal inilah yang malah akan membuat cacing tidak dapat dapat berkembang biak, karena selalu berada dalam kondisi yang terganggu, atau cacing tersebut tidak diberi kesempatan untuk melakukan proses kawin.

Tinggalkan Balasan