Menjaga Kondisi Kambing agar Tidak Mudah Kembung lalu Mati

Ada cerita dari salah seorang peternak kambing, bahwa dia dulu mengalami kematian kambing sebanyak dua ekor sekaligus. Untuk penyebab kematiannya, bisa dipastikan bahwa kambing tersebut mengalami kembung. Pada artikel ini, saya akan mencoba menuliskan tentang pengamatan yang selama ini dia lakukan, pada kambing-kambing peliharaannya tersebut.

Dia menjelaskan, bahwa kambing miliknya sering mengalami kembung pada saat musim hujan, terutama pada saat kondisi di sekitar kandang tidak terkena panas sinar matahari sampai beberapa waktu. Dia mengatakan bahwa pada saat itu kondisi kandang terasa lembab dan dingin, akibatnya kondisi daya tahan tubuh kambing menjadi melemah.

Karena itu sebisa mungkin, saat ini dia selalu menjaga kondisi kandang agar tetap hangat. Bila cuaca sedang dingin, maka dia akan berusaha untuk memberikan racikan jahe dan kapulaga. Ternyata, meskipun itu adalah racikan sederhana, tetapi dinilai cukup berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh kambing.

 

Menurut dia, bahwa penyebab utama kambing mengalami kembung itu karena kambing sedang dalam kondisi stress. Keunikan lain yang dia temukan, yaitu kambing memiliki kondisi psikologis yang mirip seperti manusia, dan sama-sama rentan terkena stress.

Tetapi pada kambing, bahwa kondisi stress dapat membuat kambing rentan untuk mengalami masuk angin, dan seperti kita tahu bahwa jika terlambat dalam penanganannya, maka kambing bisa mati.

Dia pernah mencoba, untuk memutar posisi tidur kambing di dalam kandang, jadi intinya dia ingin meberikan suasana yang berbeda pada kambing. Dan ternyata cara ini cukup efektif untuk membuat kambing lebih sehat.

Selain itu, menurut dia, bahwa kambing yang diangon, atau kambing yang dilepas di udara luar, tarnyata pertumbuhannya juga lebih cepat, bahkan untuk bobot tubuh kambing yang sering dilepas di udara terbuka, juga bisa cepat gemuk, dan kambing tersebut juga sulit untuk kurus.

Sebagai pelengkap, dia menyarankan untuk memberikan terapi musik pada kambing. Karena menurut pengalaman dia, bahwa musik juga bisa membuat kondisi kambing lebih rileks dan nyaman, mungkin mirip seperti efek suara musik bagi manusia. Bahkan ada peternak yang memperdengarkan rekaman pengajian, dan setelah itu dia mengatakan bahwa kambing miliknya langsung berkumpul dan tidur.

Tinggalkan Balasan