Cara Mengidentifikasi Penyakit Ikan Koi secara Sederhana

Sering kali, kita sebagai penghobi dan peternak ikan koi, mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi penyakit yang menyerang ikan koi yang kita pelihara. Biasanya yang kita tahu ikan koi yang kita pelihara, secara tiba-tiba mengalami kematian begitu saja, tanpa kita tidak tahu apa penyebab kematian ikan tersebut.

Untuk melihat penyakit yang menyerang ikan koi, biasanya bisa dicek langsung pada kondisi fisik ikan. Karena serangan hama dan penyakit ikan koi, kebanyakan akan langsung berdampak pada kondisi fisik ikan. Berikut adalah beberapa gejala pada tubuh ikan koi dan penyakit yang menyerangnya :

  • Untuk penyakit yang pertama, yaitu jika ikan koi mati dengan kondisi badan terdapat bercak-bercak merah, maka itu adalah aeromas.
  • Sedangkan jika kondisi ikan koi yang mati tersebut terdapat bercak-bercak putih, maka itu adalah white spot.
  • Lalu jika kondisi ikan koi yang mati tersebut terdapat luka borok, maka itu adalah penyakit KHV (Koi Herpes Virus).
  • Jika ada binatang yang berjalan-jalan pada tubuh ikan koi dan memiliki bentuk mirip seperti kura-kura, maka itu adalah serangan kutu kura-kura.
  • Kalau di tubuh ikan ada tanda merah-merah lalu ada benda mirip jarum, maka itu adalah serangan kutu jarum.

Biasanya memang ada tanda khusus lain pada tubuh ikan koi yang mati, tetapi tanda tubuh di atas adalah cara sederhana untuk dapat mengidentifikasi serangan penyakit pada ikan koi.

Khusus untuk mengatasi serangan kutu, maka anda dapat menggunakan kutublas, untuk cara pemakaian sudah tertera pada kemasannya.

Selain itu anda juga bisa menggunakan abate, jadi satu sachet abate dimasukkan ke dalam botol lalu masukkan air secukupnya, lalu dikocok-kocok sampai abate dan air tercampur sempurna, setelah itu tinggal dituang saja ke dalam kolam setelah dua jam, air kolam ditambah lagi ketinggiannya sampai 20%.

Sedangkan untuk mengenal KHV lebih jauh, maka akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan