Perut Ikan Mati dengan Kondisi Berlubang

Salah seorang teman peternak ikan Nila mengeluhkan kondisi ikannya banyak yang mati, ikan tersebut hampir semua memiliki lubang sebesar bulir jagung di bagian perutnya. Ikan yang mati tersebut tidak hanya yang ukuran anakannya saja, tetapi juga ikan indukan yang ukurannya besar juga banyak yang mati.

Lalu karena penasaran, dia membelah perut ikan yang mati tersebut, ternyata di dalam perut ikan tersebut terdapat beberapa ekor kecebong. Kemudian dia mencoba untuk membelah perut ikan yang lainnya lagi, dan ternyata di dalam perut ikan tersebut, dia juga menemukan kecebong hidup.

Sepertinya kecebong tersebut memakan tubuh ikan-ikan tersebut dari bagian perutnya yang lunak, kemudian masuk ke dalam tubuh ikan, dan lagi dia menambahkan bahwa hampir semua yang dimakan oleh kecebong tersebut hanya bagian organ dalam perutnya saja. Sementara bagian dagingnya masih terlihat utuh.

Dia tidak tahu, apakah jika dibiarkan lebih lama lagi maka bagian dagingnya juga akan ikut dimakan atau tidak, tetapi karena serangan pada organ dalam perutnya, maka ikan-ikan tersebut bisa langsung mati.

Boleh dibilang serangan kecebong ini bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar nilainya, karena jumlah ikan yang mati secara bersamaan bisa sangat banyak. Kerugian yang dia derita jika ditambah dengan jumlah pakan yang diberikan maka akan bertambah lagi, karena pakan yang seharusnya dimakan oleh ikan, ternyata dimakan lebih dahulu oleh kecebong-kecebong tersebut.

Akibat dari perebutan pakan ini, menyebabkan perkembangan ikan yang masih sehat menjadi terhambat, selain itu jika  pakan yang diberikan telah habis, maka kecebong tersebut mengarahkan targetnya kepada ikan nila di dalam kolam tersebut.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah serangan kecebong ini, yaitu dengan menjaga agar kolam tidak dimasuki katak yang akan bertelur, tetapi pastinya hal ini akan sulit, karena kita tidak tahu kapan katak tersebut akan datang. Tetapi jika memungkinkan anda bisa memasang jaring waring di atas kolam, dengan demikian, maka katak akan kesulitan untuk bertelur, dan kalaupun bisa bertelur, kita bisa membersihkannya dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan