Bebek Mati Lemas Keracunan Ampas Kelapa

Ada cerita dari salah seorang teman, bahwa bebeknya mendadak mati, gejalanya seperti keracunan. Hanya saja teman saya ini tidak melihat ada yang aneh dengan bebek tersebut sebelumnya. Karena itu, dia merasa bingung dengan apa yang terjadi pada bebek-bebeknya tersebut.

Lalu ada seorang teman lain yang datang melihat apa yang sebenarnya terjadi pada bebek tersebut. Dan dia bertanya, bahwa apa yang dia berikan sebagai menu pakan bebek tersebut, hingga bisa menjadi seperti ini. Teman saya ini menjawab, bahwa sebelum bebek itu mati diberi pakan campuran dari bekatul, pakan pabrikan merk A88, ampas kelapa, dan sagu.

Sebenarnya teman saya yang baru datang ini, juga pernah mengalami kejadian yang sama pada bebek-bebek miliknya. Pada saat itu, dia memberikan ampas kelapa pada bebek peliharaannya, kemudian bebek tersebut mengalami kejang-kejang dan dalam dua hari bebeknya mati sebanyak 20 ekor.

Yang perlu kita tahu, bahwa menurut penuturan teman saya ini, ampas kelapa sangat berbahaya untuk bebek, apalagi jika ditambah dengan kondisi ampas kelapa yang sudah lama / busuk. Karena ampas kelapa yang sudah lama akan menjamur, dan pastinya sudah ditumbuhi bakteri, cacing, dan berbagai hewan parasit lain.

Apalagi jika umur bebek masih kecil maka daya tahan tubuhnya masih lemah, lalu ditambah dengan cuaca yang tidak menentu, maka kondisi bebek yang diberi makan ampas kelapa akan menjadi turun, dan bukan tidak mungkin berikutnya mereka akan mudah sakit, lalu mati.

Sebenarnya kita bisa mengecek perbedaan kondisi bebek saat diberi ampas kelapa dengan pakan yang umum diberikan lainnya, yaitu dengan cara memperhatikan kotoran yang dikeluarkan. Kondisi bebek yang diberi makan ampas kelapa, kotorannya akan menjadi lebih bau dari pada biasanya, dan jika kita perhatikan kotoran tersebut dengan seksama, maka kita akan mendapati sisa pakan yang tidak dicerna.

Sebagai langkah pencegahan untuk bebek yang mengalami keracunan seperti yang sudah dituliskan di atas, maka bebek yang sakit / lemas, diminumkan satu butir promag. Setelah itu hindarkan bebek dari tempat yang becek, dan sebisa mungkin selain tempat air minumnya, maka tempat lain di dalam kandang tersebut harus kering.

Tinggalkan Balasan