Kandang yang Diberi Lampu Penerang Membuat Sapi Makan Lebih Lahap

Beberapa waktu yang lalu salah seorang teman saya yang berprofesi sebagai peternak sapi mengatakan, bahwa setelah dia memasang lampu penerangan di dalam kandang sapi miliknya. Ternyata sapi yang ada di dalam kandang tersebut menjadi lebih lahap makannya, bila dibandingkan dengan dengan kondisi sebelum kandang tersebut diberi lampu penerang.

Menurut penuturannya, bahwa pada saat kandang sapi tersebut diberi lampu penerang, maka jumlah nyamuk yang menyerang menjadi lebih sedikit. Sehingga sapi bisa istirahat dengan lebih baik, yang akhirnya juga membuat nafsu makan sapi menjadi lebih baik.

Sebenarnya fungsi cahaya terang di dalam kandang, tidak dapat secara langsung mengusir nyamuk. Tetapi dengan cahaya yang terang, maka nyamuk menjadi terkecoh saat akan menghisap darah. Meskipun demikian, bukan berarti tidak akan ada nyamuk yang menggigit, karena fungsinya hanya untuk mengurangi saja.

Terkadang di tempat saya, pemberian lampu penerangan seperti selalu dihubungkan dengan mitos, sehingga terdengan kurang ilmiah. Tetapi jika kita mau memperhatikannya, maka memang ada hubungan yang jelas antara penerangan di dalam kandang, dengan berkurangnya serangan nyamuk, yang kemudian dibarengi nafsu makan sapi yang meningkat.

Selain dengan memberikan lampu penerangan di dalam kandang, cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi jumlah nyamuk dan serangan nyamuk, yaitu kita dapat menyemprotkan insektisida setidaknya tiga hari sekali.

Tinggalkan Balasan