Mengatasi Kandang Bebek yang Bau

Permasalahan yang cukup pelik dalam bidang peternakan, adalah bagaimana cara untuk membuat kandang kita tidak menimbulkan bau yang menyengat. Permasalahan ini juga dialami oleh salah seorang teman saya yang berternak bebek.

Jadi, meskipun kandangnya itu sudah rutin dibersihkan, namun bau menyengat dari kotoran bebeknya masih tercium. Karena hal tersebut, tetangga yang ada di sekitar kandang sering melakukan protes. Mungkin juga hal seperti ini, sering dialami oleh peternak hewan lain, di tempat lain.

Sebenarnya dulu ada salah seorang teman lain, yang menyarankan cara untuk mengatasi bau menyengat dari kandang hewan ternak. Jadi, dia menyarankan agar dalam air minum dan pakan ternak tersebut, kita tambahkan probiotik. Hal ini dikarenakan, jika kotoran hewan tersebut bisa dibusukkan dengan sempurna, maka tidak akan menimbulkan bau yang menyengat saat dikeluarkan.

Ada peternak bebek lain yang mengatakan, bahwa dia menggunakan probiotik merk Em 4 untuk dicampurkan pada pakan bebeknya. Sedangkan takaran yang digunakan, yaitu untuk setiap 20 tutup botol Em 4 akan dicampurkan dengan 20 liter air.

Selanjutnya air hasil campuran probiotik ini, akan kita campurkan ke dalam pakan bebeknya, sehingga nantinya pakan bebeknya sampai berbentuk menggumpal-gumpal. Untuk di tempat tinggal saya, biasanya pakan yang berbentuk seperti ini, disebut dengan mamel.

Sedangkan untuk menghilangkan bau menyengat yang terlanjur ada di atas lantai kandang, maka tanahnya dapat disemprot dengan menggunakan probiotik tersebut hanya saja untuk perbandingannya, 20 tutup botol Em 4 akan dicampurkan ke dalam 10 liter air.

Selain pakan dan air minum yang dicampur dengan probiotik, sebenarnya ada satu cara lagi yang dapat diaplikasikan untuk mencegah agar lantai kandang tidak bau. Yaitu, pada saat anda membuat kandang yang pertama kali, maka sebaiknya lantai kandang dibuat dengan kondisi miring.

Tujuannya agar air yang tercecer di dalam kandang menjadi lebih cepat kering. Selain itu sebaiknya selain tempat air minum, maka daerah lain di dalam kandang harus dalam keadaan kering. Dengan begitu, maka kondisi kandang akan menjadi lebih sehat, dan kandang menjadi tidak bau lagi.

Tinggalkan Balasan