Beternak Ikan Lele di Dalam Ruangan

Tidak semua orang memiliki lahan di luar ruangan, tetapi sebagian lagi memiliki lahan di dalam ruangan. Dan teman-teman yang memiliki tempat di dalam ruangan ini, juga ingin melakukan budidaya ikan lele. Lalu, apakah budidaya ikan lele di dalam ruangan seperti ini bisa dilakukan ?

Jika memang ada pertanyaan seperti itu, maka jawabannya bisa. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar ikan lele dapat hidup dengan sehat.

Beberapa waktu yang lalu, saya juga menanyakan hal yang sama terhadap petugas penyuluh dari Dinas Perikanan dan Kelautan, yang melakukan pelatihan di daerah tempat tinggal saya. Mereka mengatakan bahwa ikan lele memerlukan panas dari sinar matahari, untuk membantu mereka mencerna makanannya.

Selain itu sama seperti kita yang memerlukan sinar matahari untuk menjaga kesehatan, maka ikan lele juga memerlukan hal yang sama. Ditambah lagi, bahwa ikan lele adalah hewan berdarah dingin, sehingga ia tidak dapat menghasilkan panas inti dari dalam tubuhnya sendiri, dan panas inti tersebut didapatkan dari sinar matahari.

Matahari juga memancarkan sinar ultraviolet, yang akan digunakan oleh mikro organisme yang ada di dalam kolam, untuk dapat menyehatkan air kolam.

Sehingga jika anda ingin membuat kolam ikan lele di dalam ruangan, maka kedua hal di atas harus terpenuhi, misalnya saja anda dapat menggunakan heater dan juga lampu sinar ultraviolet. Tetapi pastinya jika menggunakan kedua alat tersebut biaya listriknya akan sangat mahal.

Sebagai tambahan, bahwa ada teman lain yang menanyakan, apakah kolam ikan lele memerlukan sirkulasi ? Maka jawabannya tidak perlu, karena habitat asli ikan lele yaitu perairan yang tenang.

Sebenarnya yang menjadi bahan pertimbahan teman-teman yang bertanya demikian, yaitu mereka pernah menyaksikan ada ikan lele yang dimasukkan ke dalam saptict tank, ternyata ikan dapat tumbuh besar dan beranak pinak setelah beberapa tahun, atau saat saptict tank tersebut dikuras.

Sebenarnya hal tersebut memang benar-benar terjadi, tetapi hal tersebut tidak dapat diaplikasikan begitu saja, karena sudah banyak peternak yang mencoba untuk budidaya lele di dalam ruangan, tetapi hampir semua orang tersebut mengaku bahwa mereka mengalami kegagalan.

Kegagalan tersebut, misalnya saja pertumbuhan ikan melambat, dengan nafsu makan yang rendah. Sehingga sampai berbulan-bulan, ikan tidak dapat dipanen.

Sebetulnya meskipun di dalam ruangan, tetapi jika masih terdapat sinar matahari, untuk menyinari seluruh kolam, maka hal tersebut sudah cukup. Tetapi jika tidak ada sinar matahari sama sekali, maka pastinya harus diganti dengan menggunakan heater dan lampu sinar ultraviolet tadi.

Tinggalkan Balasan