Ide Pemasaran Ikan Lele dijual Langsung ke Konsumen

Sepertinya karena persaingan untuk pemasaran ikan lele di daerah sekitar rumah saya semakin ketat. Maka banyak dari peternak yang mulai berinovasi, untuk menjual produk hasil panennya.

Beberapa kali saya melihat tetangga saya yang sedang melakukan panen lele, mereka tidak menjualnya ke pengepul. Tetapi mereka menjual panen lele mereka di pinggir jalan besar di dekat rumah, modal yang mereka perlukan hanya aquarium ukuran sedang, meja, kursi dan satu ember air bersih (digunakan untuk membersihkan isi perut ikan lele).

Setelah itu yang dilakukan hanyalah menunggu pembeli datang. Biasanya harga jual yang diberikan sama seperti harga jual di pasar. Tetapi setiap pembelian dua kilogram ikan, maka dia memberikan bonus satu ekor ikan lele gratis, dan ikan lele gratisnya bisa dipilih sendiri oleh pembeli.

Sepertinya cara ini cukup berhasil, karena sekarang dia juga menjualkan ikan hasil panen dari tetangga sekitar. Bahkan jualan yang dulunya hanya dilakukan pada saat panen tiba, sekarang dilakukan hampir setiap hari.

 

Selain itu saya melihat tetangga lain yang memiliki mobil, mereka memindahkan kursi bagian belakangnya, untuk diisi dengan ikan lele. Lalu mereka membawa mobil tersebut ke jalan dekat pasar, karena lokasi ini adalah daerah yang paling ramai di daerah sekitar rumah saya, dan mereka menjual lelenya di sana.

Dengan cara ini, biasanya jika di suatu lokasi sudah tidak terlalu ramai pembeli, mereka bisa langsung pindah. Selain itu, mereka hanya perlu membayar ongkos parkir kendaraan saja.

 

Yang pasti dengan kedua cara pemasaran seperti ini, para peternak bisa mendapatkan harga jual ikan lele yang lebih mahal dari pada yang sudah ditentukan oleh para pengepul. Dan saat ini mereka sudah tidak tergantung lagi pada pengepul ikan lele, beserta dengan harga jual yang sudah ditetapkan mereka.

Jika di daerah sekitar tempat tinggal saya harga jual dari pengepul yang mengambil sendiri ke kolam harganya Rp 14.000 / Kg. Tetapi jika menjual sendiri ke konsumen mereka bisa menjualnya dengan harga Rp 18.000 – Rp 20.000 / Kg, karena harga jual ikan lele di pasarĀ  masih berkisar di angka Rp 22.000 – Rp 23.000 / Kg.

Tinggalkan Balasan