Harga Jual Belalang Goreng

Belalang memang bukan merupakan hewan peliharaan, saya sendiri belum pernah menjumpai orang yang membudidayakan belalang. Mungkin saya lebih sering mendengar cerita tentang orang yang mengeluh, karena serangan hama belalang, dari pada hal baik yang bisa dihasilkan dari belalang.

Tetapi meskipun belalang adalah hama yang sebisa mungkin untuk dibasmi, tetapi ada salah seorang teman yang megatakan bahwa sebenarnya belalang, masih bisa dijadikan sebagai panganan yang enak. Bahkan jika menu belalang ini dijual, maka harganya cukup mahal.

Seorang teman yang berasal dari Gunung Kidul – Yogyakarta, mengatakan bahwa di kampungnya, belalang adalah salah satu jenis makanan favorit masyarakat di sana.

Menurut teman saya ini, biasanya belalang dijual perkemasan toples kecil, sedangkan harga jualnya cukup bervariasi, tergantung musimnya. Karena biasanya musim ini berpengaruh kepada jumlah tangkapan belalang yang bisa dihasilkan.

Jika, sedang musim hujan seperti sekarang ini, harga jual belalang sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000 / toples kecil. Sedangkan saat sudah memasuki musim kemarau, harga jual belalang bisa mencapai Rp 50.000 / toples kecil.

Menurut dia, biasanya menu belalang goreng dijadikan masyarakat sebagai camilan, tetapi masih banyak juga warga, yang menjadikan menu belalang sebagai lauk, untuk teman makan.

Tetapi teman saya ini menyarankan kepada anda yang belum pernah mencoba menu belalang, sebaiknya mencicipinya dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu.

Karena ada beberapa orang yang alergi terhadap menu ini, akibatnya segera setelah menyantap menu belalang seperti ini, mereka akan mengalami gatal-gatal di sekujur tubuhnya, biasanya rasa gatal ini juga disertai dengan munculnya bintik-bintik merah di permukaan kulit.

Tinggalkan Balasan