Sikap Hidup dan Prilaku Ikan Cupang

Memang secara teknis saya belum pernah bertemu dengan ikan cupang yang berasal dari alam, karena selama ini saya lebih bayak mengenal ikan cupang yang berasal dari pasar ikan. Tetapi meskipun demikian saya masih dapat menceritakan sedikit tentang kehidupan ikan cupang ini.

Pertama ikan cupang yang dijual di pasar ikan sebagian besar adalah ikan cupang yang jenisnya jantan. Hal ini karena ikan cupang jantanlah yang memiliki bentuk tubuh, warna dan bentuk sirip yang sangat indah. Sehingga harga jual cupang jantan akan lebih mahal dari ikan cupang betina, apalagi untuk ikan cupang kualitas kontes, pasti harganya jauh lebih mahal lagi.

Sedangkan untuk ikan cupang betina sangat jarang yang menjualnya, hal ini karena ikan cupang betina bentuk tubuhnya lebih kecil dari ikan jantan, dan bentuk siripnya juga kecil, monoton, dan tidak terlalu banyak variasi. Bahkan warna tubuh ikan cupang betina juga lebih pucat, dan jarang ada yang corak warnanya cerah mencolok. Sehingga harga jualnya juga menjadi sangat murah.

Untuk ikan cupang jantan, setelah mereka mulai dewasa maka harus diletakkan pada pada wadah tersendiri untuk setiap ikannya. Hal ini karena ikan cupang jantan memiliki naluri alam untuk mempertahankan wilayah teritorialnya, sehingga mereka akan menganggap semua jenis ikan yang mendekat ke wilayahnya adalah musuh yang harus diusir.

Tetapi untuk jenis ikan cupang betina, mereka masih bisa ditempatkan secara bersama pada satu wadah, hal ini bisa dilakukan karena ikan cupang betina lebih toleran terhadap pendatang. Hanya saja usahakan agar tempat untuk meletakkan cupang betina tersebut cukup luas, agar ikan cupang betina tersebut dapat berenang dengan bebas, karena jika terlalu sempit, mereka juga bisa berkelahi, meskipun tidak seextreme yang jantan.

Selain itu ikan cupang juga merupakan jenis ikan air tawar yang senang hidup pada perairan dangkal yang tenang, bahkan ikan cupang juga mampu untuk hidup pada kondisi perairan yang sedikit mengandung oksigen, hal ini karena ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang mampu mengambil oksigen dari udara bebas.

Hal ini dimungkinkan karena pada organ pernafasan cupang, mereka memiliki alat pernafasan yang disebut labirin. Entah karena masalah ini atau bukan, tetapi saya merasa bahwa ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki masa hidup yang sangat lama.

Bahkan saya pernah tidak mengganti air aquarium dan juga tidak pernah memberikan makan sama sekali pada ikan cupang tersebut, dan ternyata ikan cupang masih ada yang sanggup bertahan sampai setahun lebih, bahkan ikan yang paling cepat matinya juga masih bisa bertahan setidaknya selama enam bulan. Hanya saja pada saat akan mati, cupang tersebut kondisinya menjadi mengenaskan.

Pada saat ikan cupang mulai marah, maka dia akan mulai mengembangkan bagian penutup insangnya, dan ini terjadi pada jantan dan betinanya, sehingga jika kita perhatikan pada saat itu, maka ikan cupang menjadi mirip seperti ayam jago yang siap beratarung.

Selain itu biasanya sirip atas dan sirip bawah, beserta dengan sirip ekor juga akan ditegakkan / dikembangkan, sehingga pada saat itu ikan cupang akan nampak lebih besar dan lebih anggun. Memang pada saat seperti itu keindahan tubuh ikan cupang akan semakin terlihat. Karena itu pada saat kontes, maka ikan cupang biasanya akan dibuat marah, agar keindahan tubuhnya semakin terlihat.

Tinggalkan Balasan