Kegagalan dalam Proses Mengembangbiakkan Ikan Cupang

Menurut saya, proses penjodohan ikan cupang adalah hal yang sulit dilakukan, karena ikan cupang adalah jenis ikan teritorial yang akan menyerang ikan lain secara langsung, pada saat ikan tersebut memasuki daerah kekuasaannya. Saya sampai merasa frustasi karena sudah kehilangan banyak cupang betina, yang mati diserang oleh pejantannya tersebut.

Mungkin akan lebih mudah untuk beternak ikan hias yang bisa hidup secara berkelompok, karena dalam proses pembiakannya tidak memerlukan usaha yang banyak, bahkan terkadang mereka berkembang dengan sendirinya di dalam aquarium.

Saya pernah membeli cupang betina dalam jumlah yang banyak, tujuannya untuk melihat cupang mana yang bisa digunakan sebagai indukan. Tetapi mungkin karena membeli dalam jumlah yang terlalu banyak, dan kesalahan saya yaitu tidak memisahkan cupang-cupang betina tersebut. Maka yang terjadi, malah cupang betina tersebut, saling serang dalam aquarium, sehingga banyak dari mereka yang mati sebelum bisa dikembangbiakkan.

Jadi, memang meskipun untuk ikan cupang betina, setidaknya jika sudah dewasa maka harus dipisahkan seperti halnya ikan cupang jantan, dan jika tetap dikumpulkan dalam satu aquarium atau satu wadah, usahakan agar tidak terlalu padat jumlahnya, karena mereka juga bisa saling serang sampai mati.

Selain itu waktu untuk menjodohkan ikan cupang, sampai sekarang saya juga belum tahu persis, karena itu sampai semua cupang betina saya habis, tidak ada ikan yang mengeluarkan telurnya. Karena itu sudah beberapa tahun terakhir ini saya tidak pernah menjodohkan ikan cupang lagi.

Tetapi beberapa waktu yang lalu ada seorang peternak ikan cupang yang berbagi tips, tentang cara untuk menternakkan ikan cupang ini. Hanya saja perlu saya jelaskan di sini bahwa saya pribadi belum pernah mencoba cara yang diajarkan tersebut. Jadi, saya tidak tahu apakah cara tersebut mudah ataukah sulit, ataukah seberapa tingkat keberhasilannya.

Hanya saja jika melihat jumlah ikan cupang yang dia miliki, maka boleh dibilang bahwa cara yang dia ajarkan cukup efektif dan dapat diikuti. Dan proses yang dia ajarkan kepada saya tersebut, akan saya bahas pada artikel selanjutnya, hal ini karena isinya cukup banyak tentang hal yang harus dilakukan.

Tinggalkan Balasan