Akibat jika Air Kolam Terlalu Kental

Ada seorang teman yang bercerita bahwa di kolam koi miliknya selalu terdapat buih, tetapi buih ini hanya terjadi pada malam hari saja, sementara itu pada pagi sampai sore hari buih tersebut menghilang. Dan pada saat itu ada teman lain yang menjelaskan tentang fenomena tersebut.

Teman lain tersebut mengatakan bahwa biasanya pada setiap kolam pasti terdapat sisa-sisa pakan dan sisa metabolisme ikan, tetapi biasanya sisa-sisa dan kotoran tersebut akan berukuran sangat kecil, dan karena terlalu kecil biasanya kotoran jenis ini tidak akan bisa disaring dengan menggunakan filter biasa.

Karena berukuran sangat kecil biasanya kotoran ini tidak akan bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang, tetapi untuk mengetahuinya anda dapat melakukan percobaan sederhana, yaitu anda mengambil air kolam tersebut dengan menggunakan gelas bening, lalu jika anda melihat kotoran sedang mengambang, dan warna air kolam menjadi berubah kekuningan, dan biasanya disertai dengan kondisi air yang terlihat lebih kental dari pada yang seharusnya. Maka dapat dipastikan bahwa air kolam tersebut sudah kotor.

Biasanya untuk melihat apakah air kolam masih encer ataukah sudah mulai mengental, maka cara paling gampang adalah dengan melihat kumpulan busa yang ada di atas permukaan air kolam tersebut.

Tetapi tolong bedakan antara busa karena air kolam yang mengental dengan gelembung hasil air terjung, aerator, dan pompa air. Karena biasanya gelembung hasil air terjun, erator, dan pompa air, jika kondisi air kolam dalam kondisi encer, maka gelembung tersebut akan segera pecah setelah terbentuk, dan bisanya tidak akan mengumpul pada satu tempat.

Sedangkan busa yang terbentuk karena kekentalan air kolam, maka busa tersebut akan bertahan cukup lama, dan kadang juga mengumpul pada suatu tempat.

Untuk membandingkan apakah air kolam kita masih encer atau sudah mulai mengental, maka kita bisa membandingkan dengan air minum kemasan (untuk merknya tidak masalah). Jadi dengan perbandingan tersebut, maka kita bisa melihat tingkat kekentalan dari air kolam milik kita. Caranya anda tinggal menuangkan saja keduanya secara bersamaan, maka anda akan melihat seberapa kental air kolam anda.

Biasanya jika busa di permukaan kolam terbentuk pada malam hari, hal ini karena peningkatan kandungan kotoran sisa pakan yang dan sisa metabolisme ikan yang ada di dalam kolam telah berubah menjadi nitrat. Tetapi jika busa di permukaan kolam terbentuk pada siang hari maka hal ini, karena kotoran ikan dan sisa pakan ikan.

Yang pasti kekentalan air pada kolam koi, bisa berakibat pada terganggunya kesehatan ikan, apalagi jika penyebabnya adalah kotoran yang ada di dalam kolam. Jadi, memang selain dengan menggunakan filter, sebaiknya kebersihan air kolam juga dijaga dengan melakukan pergantian air secara berkala. Karena pergantian air secara berkala juga dapat menjaga keenceran air kolam.

Tinggalkan Balasan