Harga Beberapa Jenis Ikan Hias Secara Grosiran atau Secara Eceran

Beberapa hari yang lalu ada seorang teman, dia adalah pedagang ikan, dan dia mengirimkan daftar harga ikan hias ini kepada saya. Untuk ikan yang dia jual, biasanya dia mengambil langsung ke daerah Tulungagung, untuk kemudian dijual kembali di Malang.

Tetapi terkadang dia juga melayani penjualan ikan hias tersebut sampai ke luar kota, misalnya seperti Surabaya dan Sidoarjo.

Ikan yang dia jual adalah ikan kecil untuk aquarium, dan memang bukan jenis ikan exotis yang mahal. Menurut dia bahwa ikan aquarium berukuran kecil ini memang harganya cukup murah, tetapi karena harganya tersebut maka ikan jenis ini dapat segera laku, dan dia dapat segera membeli yang baru lagi. Kalau dia mengatakan bahwa perputaran uangnya dinilai lebih cepat, jadi menurut dia berdagang ikan hias seperti ini akan lebih menguntungkan.

Sebenarnya teman saya ini selain menjual ikan hias, dia juga menjual berbagai macam alat pelengkap untuk memelihara ikan hias, misalnya  saja seperti aquarium, jaring, pakan, aerator, pompa air, dan masih banyak lagi.

Data ini diberikan pada saya pada pertengahan Agustus, jadi saya mau mengingatkan saja kepada para pembaca, jika daftar harga ini kemungkinan saja bisa berbeda pada lokasi yang berbeda, ataupun pada saat waktu yang berbeda juga. Jadi, mohon harga yang saya sampaikan ini sebaiknya dijadikan sebagai bahan rujukan saja, dan tidak digunakan sebagai harga patokan. Karena untuk wilayah Indonesia patokan harga ada banyak variabelnya, sehingga tidak bisa disamaratakan.

Harga Ikan Hias Eceran dan Grosiran

NoKeteranganHarga GrosirHarga Eceran
1Cupang Serit BlackRp     2,5   rbRp      5    rb
2Cupang HalfmoonRp     2      rbRp      4    rb
3Cupang PlakatRp     2,5   rbRp      5    rb
4Cupang Giant & FancyRp   12,5   rbRp    25    rb
5Cupang Betina PlakatRp     1,25 rbRp      2,5 rb
6Cakarmut sapu-sapuRp     0,9   rbRp      2    rb
7Guppy CobraRp     1,5   rbRp      3    rb
8Golden BlackRp     0,75 rbRp      2    rb
9Mas Koki TanggungRp     5      rbRp      8    rb
10Man fishRp     1,2   rbRp      2,5 rb
11OscarRp     7,5   rbRp    12    rb
12PatinRp     0,75 rbRp      2    rb
13Patin Albino JumboRp    28    rb
14SpatulaRp   17,5   rbRp    21    rb
15Aquarium cupang isi 2Rp     6,5   rbRp    10    rb
16Botol cupang model lampuRp     1,75 rbRp      2,5 rb
17AeratorRp   22,5  rb
18Heater (pemanas suhu air)Rp   45     rb
19Selang air pumpRp 2,5 rb / m
20Busa water pumpRp      3    rb
21Tanaman HiasRp 3 rb / pot

 

Kebanyakan memang pelanggan dari teman saya ini adalah para pengecer, yang tujuannya untuk dijual kembali. Tetapi memang tidak menutup kemungkinan bahwa ada juga konsumen akhir yang digunakan untuk keperluan sendiri.

Tinggalkan Balasan