Apakah Abu Sisa Pembakaran Jerami Padi bisa Menyuburkan Tanah?

Alasan mengapa pertanyaan ini bisa sampai terlontar, yaitu karena di daerah tempat tinggal saya hampir semua petani selalu membakar jerami padi sisa panen sebelumnya, hal ini dilakukan karena ada anggapan klasik bahwa jerami padi yang dibakar, maka abu sisa pembakaran tersebut akan menyuburkan lahan pertanian mereka kembali.

Tetapi salah seorang teman petani di daerah lain mengatakan bahwa sebenarnya jerami padi yang dibusukkan itu memiliki manfaat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jerami tersebut hanya dibakar saja.

Dia mengatakan bahwa salah satu manfaat jerami padi yang dibusukkan adalah sarang bagi bakteri E Coly, keuntungan bakteri ini yaitu akan menginfeksi tikus yang hidup di sawah kita, dan sangat dimungkinkan bahwa tikus tersebut akan mati setelah terinfeksi.

Mungkin bakteri ini juga bisa menyebabkan penyakit bagi manusia, tetapi kadarnya akan menjadi sangat mematikan bagi tikus. Dan selama kita bisa menjaga kebersihan diri, dan mencuci tangan setelah beraktifitas di sawah, maka dia menambahkan bahwa resikonya menjadi sangat kecil.

Tinggalkan Balasan