Alat Penyaring Busa dan Kotoran yang Mengambang di Permukaan Air Kolam

Mungkin anda merasa tertanggu dengan kondisi permukaan air kolam yang banyak terdapat gelembung busanya. Karena memang gelembung busa yang ada di permukaan kolam juga susah untuk dibersihkan, dan biasanya setelah dibersihkan maka gelembung tersebut akan segera kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah itu.

Ternyata ada seseorang teman yang mengalami hal tersebut pada ikan koi miliknya, dan dia bercerita bahwa untuk mengatasi permasalahan tersebut dia menggunakan alat skimmer. Menurut teman saya ini, bahwa alat skimmer tersebut berfungsi untuk menyaring busa dan kotoran-kotoran yang berada di bagian atas permukaan air.

Sedangkan teman saya ini, mengatakan bahwa untuk pemasangan alat skimer lebih baik dipasang bagian sudut kolam.

Tetapi jika anda bermaksud untuk membeli alat skimer ini, mungkin anda bisa memilih seperti yang terlihat pada gambar di atas, karena itu adalah alat yang digunakan oleh teman saya. Karena di pasaran untuk alat skimmer ada beberapa jenis yang, bahkan ada juga alat skimmer yang digunakan untuk ATM.

Menurut teman saya ini, sebenarnya alat skimer ada dua jenis, untuk yang pertama biasa disebut dengan surface skimmer, alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada dipermukaan air kolam, misalnya kotoran yang mengambang dan juga buih.

Sedangkan untuk alat skimmer yang kedua disebut sebagai Protein skimmer, alat ini banyak digunakan di aquarium air laut, tetapi sekarang ini banyak juga yang menggunakan protein skimmer sebagai alat untuk membersihkan kolam ikan koi, fungsinya masih sama yaitu untuk menyaring protein terlarut dan juga kotoran yang ada di dalam kolam.

Tinggalkan Balasan