Pemberian Pakan untuk Ikan Gurame

Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan bahwa dengan menebarkan anakan ikan mas, maka anakan ikan mas tersebut dapat dijadikan sebagai pakan bibit ikan gurame, tetapi pastinya jumlah anakan ikan mas yang kita tebarkan ini sangat terbatas, dan tentu saja tidak akan bertahan lama.

Dan meskipun di dalam kolam ada pakan alami seperti jentik nyamuk, tetapi jumlahnya juga tidak akan banyak, dan pastinya juga akan segera habis. Karena itu pemberian pakan buatan, atau yang lebih kita kenal sebagai pelet, tidak akan dapat kita hindarkan.

Saran saja yaitu dalam pemberian pelet pada ikan gurame, sebaiknya kita menggunakan jenis pelet terapung, Karena jika menggunakan pelet tenggelam maka bebetuan yang kita letakkan di dasar kolam akan menyulitkan ikan untuk memakannya.

Dan sebaiknya anda perhatikan juga soal ukuran pelet dan nilai gizi pada pelet yang akan kita berikan pada ikan gurame, karena pastinya nilai gizi pada pelet akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan. Sedangkan untuk ukuran pelet harus disesuaikan dengan ukuran mulut ikan, karena jika ukuran pelet lebih besar dari ukuran mulut ikan, maka pelet tersebut akan sulit untuk dimakan.

Dalam memberikan pakan kepada gurame usahakan agar tidak memberikannya secara berlebihan, setidaknya hanya sampai 70% kenyang, hal ini karena jika sampai ada pelet yang tidak dimakan dan mengendap di dasar kolam, maka bisa menjadi racun untuk ikan itu sendiri.

Usahakan juga agar dalam pemberian pakan ikan gurame, jangan menyebarkan pelet keseluruh bagian kolam, tetapi fokuskan saja pada salah satu titik pada bagian kolam. Hal ini berguna untuk merangsang ikan agar mau bergerak mendekati pakan yang diberikan.

Sebenarnya fungsi dari anakan ikan mas yang kita tebarkan sebelumnya, selain dapat dijadikan sebagai pakan untuk ikan gurame, maka anakan ikan mas tersebut dapat juga dijadikan sebagai ikan yang akan menghabiskan sisa pakan dari ikan gurame.

Sebaiknya pelet yang anda gunakan adalah jenis pelet dengan kandungan gizi yang baik, misalnya pelet warna merah, mungkin harganya lebih mahal dari pada pelet biasa, tetapi pelet jenis ini lebih aman untuk ikan.

Tinggalkan Balasan